Hadapi IKN Kutim Harus Gali Potensi dan Tingkatkan Kapasitas SDM

IMG 20231031 WA0038

SANGATTA. Hadapi IKN Kutim Harus Gali Potensi dan Tingkatkan Kapasitas SDM – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) diminta untuk segera bersiap diri dan berbenah guna menyongsong kehadiran Ibu kota negara baru Republik Indonesia, Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur. 

“Selain infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor penting agar memiliki daya saing dengan orang dari luar yang pasti akan banyak berdatangan ke sini (IKN), ” kata Ketua DPRD Kutim, Joni.

Bacaan Lainnya

Sebagai salah satu daerah penyangga IKN, Kutim sudah selayaknya memiliki SDM yang memiliki kapasitas dan kualitas yang mumpuni yang bisa membantu mengelola daerah, menjaga kelestarian alam serta menghadirkan pembangunan. “Jangan sampai kita hanya jadi penonton, makanya harus segera kita persiapkan, ” pinta Joni.

Masih kata Joni, dengan memiliki SDM yang unggul dan terampil, akan memudahkan dalam mengolah seluruh sumber daya alam yang dimiliki, termasuk bisa meningkatkan produktivitas kerja agar bisa bersaing ditengah perubahan- perubahan yang berlangsung cepat dan dinamis. “Kalau hal itu (kualitas SDM) sudah bisa dipenuhi, artinya kita sudah siap bersaing,” imbuhnya.

Politisi dari Partai berlambang Ka’bah ini mengungkapkan, pemerintah memegang peranan penting dalam menyiapkan program-program strategis guna menghasilkan SDM berkualitas dan siap masuk kerja.

Selain itu, pembinaan dan pengembangan masyarakat terutama generasi muda juga memiliki peranan penting. Mengingat mereka menjadi salah satu penopang roda pembangunan, pemberdayaan generasi muda diharapkan dapat menciptakan generasi kreatif, inovatif dan tentunya berdaya saing.

Hadapi IKN Kutim Harus Gali Potensi dan Tingkatkan Kapasitas SDM

“Pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah terus galakkan berbagai upaya sebagai bentuk kepedulian akan peningkatan SDM. Kabupaten Kutim yang juga merupakan daerah penyangga IKN juga tak luput penuhi kebutuhan ini,” pungkasnya.

Rencana perpindahan Ibu Kota Negara atau IKN telah menjadi pembahasan hangat. Ibu Kota Negara yang baru ini bernama Nusantara yang terletak di dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Spot Titik Nol Nusantara menjadi penanda awal dibangunnya proyek IKN. Di sekitarnya, masih dibangun Istana Negara dan Kantor-kantor pemerintahan lainnya di bawah pimpinan Otorita Ibu Kota Nusantara. Rencananya, Nusantara akan diresmikan pada 17 Agustus 2024, bersamaan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-79. (DPRD)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *