Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Kutim Hikmad dan Lancar

Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Kutim Hikmad dan Lancar
Penghormatan kepada bendera merah putih pada peringatan hari pramuka ke 62

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA. Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Kutim Hikmad dan Lancar – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Tingkat Kabupaten Kutim, dalam rangka Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022, di Halaman Kantor Bupati Kutim, Pusat Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta, Kecamatan Sangatta Utara. Senin (19/9/2022).

Bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati Kutim, H. Ardiansyah Sulaiman. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Kutim Asti Mazar, Ketua DPRD Kutim Joni, perwakilan Forkopimda Kabupaten Kutim, para Kepala Perangkat Daerah, serta Tokoh Pramuka Kabupaten Kutim.

Bupati Kutim membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Menurutnya, pada tanggal 14 Agustus 2022, Gerakan Pramuka Indonesia genap berusia 61 tahun. “Tema utama Peringatan Hari Pramuka ke-61 adalah ‘Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’.

Tema ini menunjukkan tekad kuat kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama serta siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” kata Bupati Kutim.

Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Kutim Hikmad dan Lancar
Penyematan lencana sebagai tanda pengukuhan Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega Garuda tahun 2022.

Beliau juga mengucapkan terima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19, diantaranya melalui kegiatan Gerakan Disiplin Nasional dengan mematuhi protokol kesehatan, serta mengajak sebanyak mungkin orang untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

Beliau juga menambahkan bahwa momen Peringatan Hari Pramuka Ke-61 ini menjadi momentum yang tepat untuk mendidik generasi muda yang memiliki semangat cinta tanah air dan bangsa serta saling tolong menolong.

Bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini, Bupati menyampaikan bahwa Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022. “Jamnas dilaksanakan di Buperta Cibubur, dari 14 sampai 21 Agustus 2022.

Diikuti oleh kontingen dari seluruh Indonesia, ditambah dari gugus depan yang berpangkalan di Perwakilan RI di luar negeri dan sejumlah tamu undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai Negara,” tuturnya.

Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Kutim Hikmad dan Lancar
Pengibaran bendera merah putih pada peringatan hari pramuka ke 61

Jamnas tersebut diselenggarakan dengan tema ” Ceria, Berdedikasi, Berprestasi”. Bupati berharap tema itu juga dapat diterapkan oleh semua anggota Gerakan Pramuka, terutama adik-adik peserta didik, di mana pun berada.

Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Kutim Hikmad dan Lancar

“Marilah kita tetap ceria dalam menjalani persaudaraan dengan sesama anak bangsa, selalu berdedikasi dalam semua aktifitas kita, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan, maupun lainnya dan berusaha mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang-bidang yang kaka dan adik tekuni,” pintanya.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan 33 lencana sebagai tanda pengukuhan Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega Garuda tahun 2022. Serata 6 penghargaan kepada pemenang Kwartir Ranting Gerakan Pramuka tergiat tahun 2022, penyerahan dilakukan oleh Bupati Kutim didampingi Wakil Bupati Kutim dan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Kutim.

Upacara di akhiri dengan berbagai tarian kolosal yang dipersembahkan oleh gabungan anak-anak Praumka Se-Kabupaten Kutim. (Adv/diskomimfokutim/Rb03.05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.