Melalui Hari Pramuka Ke-61, Kasmidi Ingin Gerakan Pramuka di Kutim Semakin Berprestasi

Melalui Hari Pramuka Ke-61, Kasmidi Ingin Gerakan Pramuka di Kutim Semakin Berprestasi
Kasmidi Bulang, Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kutai Timur

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA. Melalui Hari Pramuka Ke-61, Kasmidi Ingin Gerakan Pramuka di Kutim Semakin Berprestasi – Hari Pramuka diperingati tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Tahun 2022 ini adalah peringatan Hari Pramuka ke-61. Sesuai Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 062 Tahun 2022 tentang Tema dan Logo Pramuka ke-61 Tahun 2022, Tema Hari Pramuka ke-61 2022 adalah ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa‘.

Secara keseluruhan Hari Pramuka 2022 diharapkan dapat membangun citra positif Gerakan Pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas, dan kompetensi komunikasi publik di era digital.

Di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) peringatan Hari Pramuka ke-61 dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kutim, Pusat Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta, Kecamatan Sangatta Utara. Senin (19/9/2022).

Melalui Hari Pramuka Ke-61, Kasmidi Ingin Gerakan Pramuka di Kutim Semakin Berprestasi
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kutim, Asti Mazar

“Alhamdulilah pada hari ini, Senin (19/9/2022). Kita dapat berkumpul, bersilahturahmi dalam rangkaian peringatan Hari Pramuka yang ke-61 di Kabupaten Kutai Timur. Seyogyanya peringatan ini di laksanakan pada tanggal 16 Agustus, dikarenakan Kwarcab Kutim mengutus adik-adik mengikuti Jambore Nasional dan ada edaran dari Kwarnas untuk disesuaikan. Oleh karena itu pada hari ini baru dilaksanakan di Kutai Timur,” Kata Wakil Bupati Kutim, H Kasmidi Bulang yang juga sebagai Majelis Pembimbing Kwarcab Kabupaten Kutim, saat ditemui usai mengikuti Upacara.

Atas nama Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kutai Timur. Dirinya menyampaikan apresiasi kepada kepengurusan yang baru, karena Ketua Kwarcab Kutim sudah berhasil mengkolaborasikan antara pengurus yang lama dengan pengurus yang baru.

“Karena gerakan Pramuka ini adalah gerakan kepanduan, sosial, membina mental, karakter anak-anak bangsa dan terutama anak-anak kita yang dari usia dini. Bagaimana menghargai yang lebih tua, cinta terhadap sesama, taat beribadah, menghindari hal-hal yang buruk. Melalui gerakan Pramuka ini ditempa, Alhamdulillah Kabupaten Kutim merupakan salah satu kiblatnya Gerakan Pramuka se-Kalimantan Timur. Kutai Timur sudah tiga kali berturut-turut juara terbaik tingkat Kaltim,” tuturnya.

Dirinya berharap semoga kepengurusan yang sekarang juga dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih dan bisa sampai ke tingkat nasional.

Melalui Hari Pramuka Ke-61, Kasmidi Ingin Gerakan Pramuka di Kutim Semakin Berprestasi

Lebih lanjut Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kutim, Asti Mazar menginginkan gerakan-gerakan Kepramukaan yang ada di Kabupaten kutim dapat berjalan dengan baik, lancar dan menjadi motivasi bagi seluruh pembina, pengurus maupun gugus depan yang ada di seluruh Kabupaten Kutim.

Melalui Hari Pramuka Ke-61, Kasmidi Ingin Gerakan Pramuka di Kutim Semakin Berprestasi

“Beberapa prestasi yang sudah diraih melalui kepemimpinan yang sebelumnya, akan kami pertahankan dan yang belum akan kita laksanakan. Ada 18 Kwartir Ranting Gerakan Pramuka yang ada di Kabupaten Kutim dan telah diseleksi keaktifannya. Melalui peringatan hari Pramuka ke-61 tahun ini ada 6 yang terpilih dan kita berikan penghargaan,” ucap Asti.

Berikut Kwartir Ranting yang telah mendapatkan penghargaan diantaranya untuk juara 1 Kwartir Ranting Kaubun, juara 2 Kwartir Ranting Telen, juara 3 Kwartir Ranting Muara Wahau, harapan 1 Kwartir Ranting Teluk Pandan, harapan 2 Kwartir Ranting Kaliorang dan harapan 3 Kwartir Ranting Bengalon.

“Beberapa agenda untuk kemajuan Kepramukaan di Kutim juga telah dilaksanakan, termasuk malam ini Kwarcab Kabupaten Kutim akan melaksanakan rakercab untuk membahas program kerja yang berjalan serta pembahasan program kerja untuk tahun 2023 dari segala bidang gerakan kepramukaan yang juga memperhatikan semua sektor,” imbuhnya. (Adv/diskominfokutim/Rb.03.05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.