Tingkatkan Kemandirian Pelajar, Pendidikan Pramuka Masuk Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah

Tingkatkan Kemandirian Pelajar, Pendidikan Pramuka Masuk Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah
Plt Kepala Dinas Pendidikan Irma Yuwinda didampingi Kabid Dikdas Uud Sugiarto

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA. Tingkatkan Kemandirian Pelajar, Pendidikan Pramuka Masuk Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah – Dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, diharapkan pendidikan kepramukaan yang berkaitan dengan minat dan bakat harus terus digalakkan dan diajarkan dalam ekstrakurikuler di setiap sekolah di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Karena itu, sekolah harus membentuk gugus depan (Gudep) Pramuka untuk mendukung pelaksanaan kegiatan kepramukaan.

“Karena itu, Dinas Pendidikan Kutim melalui pendidikan dasar, pendidikan tingkat SMP hingga SMA kegiatan kepramukaan telah dimasukan sebagai salah satu minat dan bakat masing-masing satuan pendidikan, dimana Pramuka menjadi satu ekstrakulikuler wajib, yang tentunya Kepala Sekolah otomatis adalah sebagai Mabigusnya, Harapannya mereka memahami bagaimana pelaksanaan kepramukaan di masing-masing sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kutim Irma Yuwinda saat ditemui usai mengikuti rangkaian upacara peringatan hari Pramuka ke-61 di Halaman Kantor Bupati Kutim, Senin (19/9/2022).

Menurut Irma, kegiatan ekstrakurikuler bisa masuk di jam pelajaran tertentu dan bisa juga dilaksanakan secara berkelompok pada hari-hari tertentu. Misal, setiap Sabtu. Melalui kepramukaan diharapkan ke depan tidak hanya sekedar memakai pakaian pramuka, tetapi betul-betul diberikan pendidikan dasar kepramukaan.

Melalui pendidikan dasar tersebut, diharapkan siswa di masing-masing sekolah dapat memahami dasa dharma Pramuka. Dengan kegiatan tersebut diharapkan para siswa diberikan waktu dan tempat serta ruang untuk menyalurkan aspirasi dan kemampuan mereka dengan tujuan untuk kemandirian profil pelajar pancasila yang bersinergis dengan kepramukaan.

“Dengan begitu mereka bisa menyalurkan kreativitas dan bakatnya di kepramukaan. Karena dalam kepramukaan, semua aspek pendidikan diberikan, bahkan langsung diimplementasikan,” jelas Irma.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan peserta didik dapat menjadi pelajar yang beriman dan bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, inovasi, kreatif, terbebas dari pergaulan yang menyimpang dari norma-norma susila dan sosial di lingkungan masing-masing.

Pramuka menjadi salah satu ekstrakurikuler wajib di lingkup satuan pendidikan. Kegiatan kepramukaan bisa menjadi wadah bagi para peserta didik dalam membentuk jiwa kepemimpinan maupun juga kedisiplinan.

Tingkatkan Kemandirian Pelajar, Pendidikan Pramuka Masuk Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah

Untuk diketahui di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan bahwa kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.

Pramuka telah menjadi jenis pendidikan yang tersistem dan terpola serta dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai sebuah pendidikan, kepramukaan memiliki aturan, sistem, tujuan, acuan, proses, evaluasi, metode, teknik, dan cara-cara yang praktis untuk dan oleh para pramuka, pembina, maupun pelatih.

Pendidikan kepramukaan ialah proses pendidikan yang dapat melengkapi pendidikan di lingkungan satuan pendidikan ataupun lingkungan keluarga. Oleh karena itu, kepramukaan biasanya dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, serta praktis.

Kegiatan kepramukaan yang bisa dilakukan di alam terbuka dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode pendidikan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan menerapkan pendidikan kepada para pramuka, seperti pendidikan karakter dan pembentukan watak. (Adv/Disdikkutim/Rb05R).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.