Tingkatkan Mutu Pelayanan, Dinkes Kutim Gelar Workshop

IMG 20211103 113805

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan yang berkesinambungan, dengan perbaikan tata kelola manajemen, tata kelola program upaya kesehatan masyarakat dan tata kelola resiko, Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur gelar workshop tata kelola mutu selama tiga hari (1-3 Nopember 2021), di Rumah Makan Belad, Jalan A.I.Muis (Poros Sangatta KM O) Sangatta Selatan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 62 orang peserta yang terdiri dari 12 Puskesmas Re-Akreditasi tahun 2020-2021 dan pejabat di Dinkes Kutim, serta narasumber Surveior dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia berjumlah 2 orang. Dengan metode melalui presentasi, diskusi, tanya jawab dan simulasi.

“Untuk meningkatkan pelayanan Puskesmas kepada masyarakat, Dinkes Kutim melkukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu, serta perbaikan kinerja yang berkesinambunagn melalui mekanisme akreditasi Puskesmas,” kata Kepala Dinkes Kutim, dr. Bahrani Hasanal.

Dikatakannya lagi bahwa tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen resiko.

IMG 20211103 113740

“Hal tersebut bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikasi akreditas, tapi juga untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terapadu,” ucapnya.

Sementara Kabid Pelayanan Kesehatan di Dinkes Kutim, Siti Fatimah menambahkan bahwa Puskesmas merupakan penanggungjawab penyelenggara upaya kesehatan untuk jenjang tingkat pertama. Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinkes Kabupaten yang bertanggungjawab meningkatkan mutu pelayanan dan derajat kesehatan masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah kerjanya.

“Dalam rangka meningaktkan mutu pelayanan yang berkesinambungan maka diperlukan adanya workshop tata kelola mutu bagi Puskesmas dalam persiapan Re-Akreditas di Kabupaten Kutai Timur, sebagai tujuan umum meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas, dengan memperbaiki system palayanan mutu dan kinerja melalui perbaikan tata kelola mutu dan tujuan khusus peserta mampu memahami tentang dimensi mutu, peningkatan mutu pelayanan, tata kelola program dan tata kelola resiko,” ungkapnya. (Rb.05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *