Berita PilihanKutai Timur

DPRD Kutim Akan Memanggil Pihak Perusahaan Swasta Terkait Penjaringan Tenaga Kerja Dengan Bahasa Mandarin

RUMAHKARYABERSAMA.COM, Sangatta – Beredaranya persyaratan untuk menguasai bahasa mandarin pada Lowongan pekerjaan (Loker) perusahaan melalui pesan berantai WhatsApp, tentunya menjadi sesuatu yang dapat memicu emosional masyarakat, mengingat kegiatan perusahaan berada dalam Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

DPRD Kutai Timur, melalui Wakil Ketua II Arfan mengaku akan melakukan pemanggilan pada pihak perusahaan. “Dalam hal ini kita akan mengambil sikap dengan melakukan pemanggilan terhadap perusahaan, guna meminta penjelasan dan memberikan arahan terkait permasalahan ini,” terang Arfan, Senin (07/06/21).

Hal tersebut tentu tidak dibenarkan oleh Arfan sebab kehadiran perusahaan swasta sejatinya untuk menyerap tenaga kerja lokal. Ditambah lagi dengan jabatan operator yang ditawarkan adalah pekerjaan yang kemampuannya sudah dimiliki oleh pekerja lokal.

“Bila persyaratan tersebut terbukti diberlakukan, berarti terdapat penggiringan agar pelamar asing yang menguasai bahasa mandarin yang memenuhi persyaratan untuk melamar,” ungkap Arfan.

Dirinya juga mengaku sudah ada kesepakatan yang muncul untuk berinvestasi, tapi Arfan meminta agar tatanan yang sudah ada di Kutai Timur jangan sampai dirusak. (Advetorial/RB.05R)

Comment here