BeritaGadgetsKutai TimurPendidikanPeristiwaTechnology

Danlanal Sangatta : Dunia Teknologi Tidak Bisa Kita Hindari Tapi Harus Kita Kejar dan Kita Hadapi

 

RUMAHKARYABERSAMA. COM, SANGATTA – Lanjutan persiapan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang dicanangkan oleh TNI-AL kini masuk pada tahap penyediaan berbagai macam kebutuhan dasar, dalam acara Komunikasi Sosial Maritim yang berlangsung di Gedung Serba Guna, Pulau Miang. Senin, (14/06/21)

Acara tersebut dihadiri, Danlanal Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, Danramil, Kapolsek, Balitbang, Diskominfo serta para nelayan dari Kutai Timur. KBN Pulau Miang saat ini sudah memiliki beberapa fasilitas seperti Internet Desa, Puskesmas Pembantu, Rumah Pintar yang berisi perpustakaan mini dan fasilitas internet.

Camat Sangkulirang mengatakan, “Kami sebagai pemerintah kecamatan Sangkulirang menyambut baik program ini, karena mengingat pulau Miang ini notabene nya masyarakatnya berpenghasilan melaut. Walaupun demikian, SDM masyarakat pulau Miang ini luar biasa didalam membangun Kutai Timur dan Provinsi Kalimantan Timur. Karena banyak putra daerah yang lahir di Pulau Miang ini menjadi salah satu penentu kebijakan di Pemerintah.” ungkapnya.

Dirinya menambahkan dengan adanya KBN pemukiman yang berada di wilayah pesisir pantai nanti akan di cat, bantuan cat tersebut melalui perusahaan PT. Indexim yang sekarang sedang proses. Dan pada malam hari nanti ada lampu hias yang juga akan dibantu oleh PT. GAM.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Litbang Zubair mengungkapkan, “Kalau dari view pulau Miang ini luar biasa, ini harus masuk ke dalam dokumen rencana kerja pemerintah daerah. Jadi kalau sudah masuk dalam dokumen resmi Pemerintah Daerah maka konsekuensinya harus dijalankan dan syukur jika bisa masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sekarang dalam proses penyusunannya.” ungkapnya

Danlanal Letkol Laut ( P ) I Komang Nurhadi dalam sambutannya menyebutkan ” Alhamdulillah pelan – pelan kita sudah komunikasikan, kemaren yang tadinya gudang sudah kita jadikan Rumah Baca, dan dari Dinas Kominfo sudah memasangkan VSAT, dan dalam waktu dekat program selanjutnya adalah literasi digital. Dan saat ini sudah waktunya menghadapi tantangan zaman, dimana teknologi tidak bisa kita hindari harus malah harus kita kejar dan kita hadapi. Nanti di Rumah Baca ada sarana komputer internet agar dimanfaatkan sebaik mungkin, buka wawasan, buka mata, buka telinga. KBN ini bukan hanya sebagai infrastruktur saja tetapi pembentukan karakter daripada SDM itu sendiri, ” Sebut Danlanal.(Rb.07)

 

Sumber : Diskominfo Perstik Kutim

Comment here