BeritaKalimantan TimurKesehatanKutai TimurLingkunganPeristiwaSosial

Pemerintah Daerah Melalui Wabup Kasmidi Menerima Bantuan Korban Musibah Banjir Dari PT. KPC Berupa Paket Sembako

 

 

RUMAHKARYABERSAMA. COM, SANGATTA – Sabtu (22/5/21) Musibah banjir yang melanda delapan Kecamatan Kab.Kutim mendapat perhatian serius dari pihak swasta salah satunya perusahaan batu bara yang beroperasi di Sangatta, PT. Kaltim Prima Coal memberikan bantuan berupa paket sembako kepada korban banjir. Penyerahan bantuan oleh PT. KPC  yang diserahkan oleh Yordhen Ampung Manager External Relation didampingin Felly Lung Superintendent External KPC dan diterima langsung Wakil Bupati Kutai Timur H. Kasmidi Bulang. Bantuan rencananya akan didistribusikan minggu (23/5/21) pagi ke Kecamatan Batu Ampar, Telen, Muara Wahau dan Kongbeng.

Rapat pendistribusian bantuan korban musibah banjir

Sebelumnya Bupati Kutai Timur H. Ardiansyah Sulaiman sudah mendisitribusikan bantuan korban banjir di Kecamatan Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat dan Busang. Selain bantuan dari stakeholder yang berada di ring satu terjadinya bencana banjir, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur juga sudah mengalokasikan anggaran untuk korban banjir dan sudah distribusikan.

 

Usai menerima bantuan Wabup Kasmidi mengucapkan terimakasih banyak kepada PT KPC yang telah berpartisipasi membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat yang tertimpa musibah banjir.  “hari ini adalah yang kedua setelah kemaren yang dipimpin oleh pak Bupati dan Konsentrasinya di Muara Ancalong, Muara Bengkal, Long Mesangat serta Busang, dan insya Allah besok saya dan team juga akan berangkat menuju lokasi banjir di empat Kecamatan” Ujarnya

 

Didampingi Kapolres, Dandim, Danlanal, BPBD Sertai Dinas Sosial, selain itu kelompok LSM serta pencinta alam yang rencananya juga akan ikut membantu. Rapat pemantapan untuk pendistribusian dan peninjauan oleh Wabup Kasmid dan Tim rencananya besok subuh akan berangkat untuk menuju empat lokasi banjir yaitu Kecamatan Telen, Batu Ampar, Muara Wahau serta Kongbeng.

 

“yang akan kita lakukan untuk memberikan atau mengurangi beban masayarakat di kecamatan yang terdampak musibah banjir, seperti yang sudah saya sampaikan tadi bahwa sebesar 1,5 miliar untuk 3000 paket bantuan dialokasikan untuk tanggap bencana yang sudah dirapatkan dan dipimpin langsung pak Bupati” kata Kasmidi

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan dari 3000 paket tersebut semua masayarakat yang terkena musibah banjir wajib dapat dan sudah ada sebagian yang tersebar dan ditambah lagi dengan perusahaan yang turut andil memberikan bantuan.

 

“hasil pemantauan kami perusahaan yang ada di zona ring satu sudah berkontribusi lewat camat – camat dan pada hari ini PT KPC juga sudah memberikan kontribusi yang cukup luar biasa kalau dinominalkan bisa mencapai ratusan juta, dimana dalam bantuan tersebut ada beras, minyak, teh mie instan.

Ditanya awak media terkait dengan korban jiwa Kasmidi membeberkan “menurut laporan yang didapat dari BPBD, tidak ada korban jiwa dan mudah mudahan tidak ada, tapi kalau korban materi itu pasti dan kita tidak bisa memprediksinya. Selain itu ada sebanyak 3290 KK yang terdampak musibah banjir di delapan Kecamatan, dan rata – rata penduduk tidak mau dievakuasi dan ini yang kita antisipasi. Mudah – mudahan banjir tidak naik terus sehingga tidak terjadi apa – apa” bebernya

 

Sampai saat ini Pemerintah sudah menurunkan tim dan sudah membagi timnya untuk menuju Kecamatan. Adapun akses menuju Kecamatan tidak terkendala akan tetapi menuju desa tidak bisa dijangkau dengan kendaran roda empat, karena spot – spot desa berada dipinggir sungai dimana sungai yang meluap membuat desa ikut terendam.(Rb.01.03)

Comment here