Berita PilihanKutai Timur

Plt Bupati Kasmidi Bulang Serahkan 150 KTP el Milik Warga Kongbeng

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA –Plt Bupati Kutai Timur, H Kasmidi Bulang ST MM menyerahkan 150 KTP el dan 30 berkas akte pada Camat Kongbeng serta Camat Muara Wahau. KTP el dan akte tersebut merupakan hasil program Jebol Perak, Jemput Bola Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik dan Akte, yang diinisiasi Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur.

Jebol Perak, menurut Kasmidi Bulang merupakan program yang sangat jitu dalam menyikapi permasalahan geografis Kabupaten Kutai Timur. Pasalnya, petugas dari Disdukcapil langsung mendatangi warga di kecamatan-kecamatan, terutama kecamatan di kawasan pedalaman untuk melakukan perekaman KTP el dan pendataan administrasi kependudukan.

“Untuk daerah-daerah yang jauh, program ini sangat bagus sekali. Karena kasihan juga masyarakat harus berjalan ke Sangatta, untuk mengurus KTP el atau surat-surat penting lainnya. Terutama mereka yang dari pedalaman atau pesisir terluar Kutai Timur. Untuk biaya satu kali perjalanan beserta menginapnya di Sangatta saja sudah berapa,” ungkap Kasmidi.

Ia berharap, program tersebut dapat terus dijalankan Disdukcapil Kutim secara berkelanjutan. Jadi, masyarakat yang dari desa-desa di Kutim, cukup datang ke ibukota kecamatan, untuk ikut pendataan dan perekaman. Begitu juga hasil pencetakan KTP el dan akta, bisa diambil di Kantor Camat. Jadi lebih memudahkan bagi masyarakat juga.

Program Jebol Perak, menurut Plt Kepala Dinas Dukcapil Kutim, Heldy Frianda baru dilakukan di Kecamatan Kongbeng dan Muara Wahau. Dalam program tersebut, jumlah masyarakat Kecamatan Kongbeng yang mendaftar untuk perekaman KTP el sebanyak 220 orang. Namun yang bisa melakukan perekaman hanya 143 orang. “Tiga orang datanya tidak terbaca, 12 orang data ganda dan sisanya tidak kembali lagi setelah mendaftar,” ungkap Heldy.

Sedangkan untuk pembuatan Akte, sambung Heldy, baik akte kelahiran, akte kematian dan akte perkawinan sebanyak 202 berkas. Semua berkas tersebut, telah dicetak di Disdukcapil Kutim dan diserahkan ke Camat masing-masing.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/rb04)

Comment here