Berita PilihanKutai Timur

Program Ketahanan Pangan TNI AD, Kodim Sangatta Ajak Awak Media Panen Raya Jagung

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah untuk menanam tanaman pangan dilakukan jajaran Kodim 0909 Sangatta, dengan menanam jagung di lahan kosong di kawasan Jalan Soekarno Hatta, belakang RSUD Kudungga Sangatta.

Rabu (29/7/2020), jagung yang ditanam sudah bisa dipanen. Dipimpin Danrem 091/ASN Brigjen Inf Cahyo Suryo Putro beserta istri, Dandim 0909 Sangatta, Letkol CZI Pabate dan istri mengajak awak media dari Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT), untuk ikut panen raya jagung bersama.

“Silakan memetik sepuasnya dan sekuatnya. Kita nikmati bersama hasil kebun yang digalakkan jajaran Kodim Sangatta,” kata Brigjen Cahyo.

Ia mengatakan program menanam tanaman pangan, adalah arahan dari pimpinan angkatan darat. Agar para pimpinan Kodim di wilayah, memberi contoh untuk memanfaatkan lahan-lahan yang belum diberdayakan, dan mengisinya dengan tanaman-tanaman yang sifatnya tidak terlalu lama untuk dipanen. Sehingga hasilnya cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Di antaranya, jagung dan ubi rambat.

Program ini termasuk program untuk mendongkrak ketahanan pangan. Terutama di situasi pandemik Covid -19 seperti sekarang ini. Dimana, pasokan pangan kebanyakan diperoleh dari luar daerah. Sehingga masing-masing daerah harus meningkatkan produksi tanaman pangan, sebagai antisipasi bila terjadi kerawanan pangan. “Kutim luar biasa. Meski di tempat lain melakukan hal yang sama, tapi saya lihat, hasil panen di Kutim sangat bagus. Apalagi panen ini termasuk perdana dibanding tempat lain di Kaltim,” kata Cahyo.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here