Berita PilihanKutai Timur

Pasien Positif Corona di Kutim Jadi 29 Orang

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dikagetkan dengan hasil tes swab yang tak tanggung-tanggung jumlahnya. Hasil swab menyatakan delapan warga Kutim, satu dari Kecamatan Kaliorang, serta tujuh lainnya dari Kecamatan Bengalon dan Muara Wahau, terkonfirmasi positif corona. Sehingga, jumlah penderita Covid 19 di Kutim saat ini, menjadi 29 orang.

Hal ini diungkapkan Bupati Ir H Ismunandar MT dalam rapat koordinasi antara Pemkab Kutim, FKPD dan organisasi masyarakat (Ormas) di Kutim yang digelar di ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, Jumat (8/5/2020).

Namun Bupati mengucap rasa syukur, karena dari pertambahan yang terjadi, tidak ada pelaku perjalanan baru yang membawa penyakit tersebut.

“Satu dari Magetan dan tujuh lainnya merupakan kontak erat pelaku perjalanan cluster Gowa. Ini artinya, sudah ada transmisi lokal di Kutim. Ini juga yang perlu menjadi perhatian kita semua. Bahwa bukan pelaku perjalanan sudah ada yang terpapar dan bisa memaparkan ke kontak eratnya yang lain,” ungkap Ismunandar.

Dijelaskan Kepala Dinkes Kutai Timur, dr Bahrani Hasanal, pelaku perjalanan dari Magetan yang mengikuti rapid test, ada 11 orang. Empat orang dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif dengan IgM yang dominan. Semuanya langsung masuk ruang isolasi di RSUD Kudungga Sangatta.

“Dari keempatnya, satu orang sudah keluar hasilnya, terkonfirmasi positif. Tiga lainnya masih menunggu. Sementara, tujuh pelaku perjalanan lainnya, ada di rumah isolasi di Kecamatan Kaliorang,” ungkap Bahrani.

Sedangkan tujuh orang yang sudah terkonfirmasi positif lainnya, dua dari Kecamatan Bengalon dan lima lainnya, berasal dari Kecamatan Muara Wahau. Mereka, kata Bahrani, merupakan pelaku perjalanan dan keluarganya. (advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here