Berita PilihanKutai Timur

Sekarang, Urus Perizinan dan Layanan Air Bersih Bisa di Gedung Expo Center

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu membuat program pelayanan satu tempat untuk berbagai keperluan masyarakat. Pelayanan terpadu itu mengambil tempat di Graha Expo Center, kawasan pemerintahan Bukit Pelangi. Jadi, masyarakat yang membutuhkan pelayanan umum, bisa mendatangi graha expo, tidak perlu ke masing-masing dinas maupun instansi, untuk beragam pelayanan.

Saat ini, di tempat tersebut baru ada pelayanan PTSP, terkait perizinan, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan PDAM. Warga yang mau mengurus perizinan, daftar BPJS maupun daftar PDAM bisa dilakukan di konter layanan instansi masing-masing di gedung tersebut. Bahkan, untuk klaim dan pembayaran tagihan air bersih juga bisa dilakukan.

Hal ini diungkapkan Kabid Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Ahmad Syaiful. “Memang masih bertahap, namun ke depan masyarakat yang ingin mengurus beberapa keperluan, baik terkait izin, maupun pelayanan lain, cukup mendatangi Graha Expo Center. Kami sudah menyiapkan tempat yang representative sebagai tempat pelayanan terpadu, agar kalau pun harus menunggu, bisa menunggu dengan nyaman,” ungkapnya.

Menyusul, kata Syaiful, layanan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), PLN serta layanan lainnya. “Untuk Disdukcapil, informasinya banyak yang harus dipindahkan bila membuka layanan di Graha Expo, sehingga membutuhkan waktu. Tapi, nanti segera bergabung. Tempatnya sudah kami siapkan,” ujarnya.

Pastinya, lanjut Syaiful, dua lantai di gedung tersebut akan dimaksimalkan untuk beragam pelayanan warga. Selain Disdukcapil, menyusul Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang juga akan membuka loket layanan pembayaran pajak daerah.

“Tujuan kami, agar warga tidak perlu mondar mandir dari instansi A ke instansi lainnya untuk mengurus keperluan layanan umum. Pembayaran, pembuatan surat, pengajuan layanan, serta kebutuhan lainnya ada dalam satu gedung,” kata Syaiful.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here