Berita PilihanKutai Timur

Segera Bentuk Badan Pengelola, Bupati Soroti Toilet Polder Sangatta

Area jogging track di kawasan Polder Sangatta di Jalan Ilham Maulana yang dipadati kendaraan roda dua

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT menyoroti kebersihan toilet dan prasarana lainnya di kawasan Polder Sangatta di Jalan Ilham Maulana. Tempat yang menjadi percontohan smart city tersebut terlihat kotor dan banyak sampah di beberapa sudutnya. Begitu juga toilet umum yang ada di beberapa tempat. Air tidak mengalir lancar sehingga kotoran banyak yang tidak disiram dengan baik.

Ia akan segera membentuk badan pengelola untuk kawasan wisata terpadu itu. Pasalnya, selama ini kawasan tersebut tidak ada yang mengelola, sehingga soal kebersihan menjadi tanggung jawab masing-masing pedagang di lingkungan tersebut, dan pembuat acara yang kebetulan menggunakan tempat tersebut.

“Kalau ada yang mengelola, bagus. Akan terawat dan bersih. Baik lingkungannya, tamannya hingga fasilitas umum yang ada di tempat tersebut,” kata Ismunandar.

Ia pun meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutim, segera melakukan koordinasi terkait fasilitas umum tersebut. “Segera bentuk organisasi yang mengelola fasilitas tersebut, agar ada petugas yang merawat kebersihan. Terutama fasilitas umumnya, seperti toilet, masjid dan area parkir,” ujar Ismunandar.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup juga diminta terus melakukan sosialisasi pada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Karena sudah cukup banyak tempat sampah diletakkan di kawasan polder. Namun, kemasan makanan, plastik dan tusuk sate masih banyak ditemukan di area umum.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here