BeritaKutai Timur

Mengenal Lebih Dekat Sosok H Kasmidi Bulang ST MM (2)

 

Responsif dan Dekat dengan Masyarakat

KASMIDI BULANG terus berupaya memegang teguh komitmen atas amanah yang dipercayakan masyarakat pada dirinya. Sebagai Ketua DPD Partai Golkar maupun sebagai Wakil Bupati Kutai Timur, ia berdiri dengan semangat memberikan yang terbaik.

Dekat dengan masyarakat adalah kesehariannya. Baik di kantor, di rumah jabatan, apalagi di kediaman pribadi. Masyarakat yang datang selalu diterima dengan tangan terbuka. Tak hanya itu, musibah yang menimpa warganya pun menjadi perhatian dengan menjenguk langsung. Kalaupun sedang tugas di luar kota, sang istri, Tirah Satriani selalu mewakili.

Aspirasi masyarakat terhadap pembangunan di desa maupun kecamatan selalu diupayakan untuk ditunaikan. Kebutuhan pokok masyarakat, terutama di kecamatan-kecamatan pedalaman dimana menjadi daerah pemilihan saat duduk di kursi wakil rakyat juga menjadi perhatian.

Laporan kerusakan jalan di kawasan pedalaman yang diterimanya beberapa waktu lalu, langsung ditindaklanjuti dengan turun ke lapangan. Ia terjun langsung ke Kecamatan Batu Ampar. Mengumpulkan masyarakat, perwakilan perusahaan hingga aparat desa dan kecamatan. Mereka berembuk untuk mencari solusi terhadap masalah kerusakan jalan yang kerap terjadi di musim penghujan.

Tak hanya itu, keluhan terhadap pelayanan rumah sakit umum juga langsung ditanggapi serius dengan meninjau rumah sakit umum Kudungga di Sangatta. Tak hanya melihat kondisi fisik yang ada, menggali informasi dari manajemen rumah sakit, tapi Kasmidi juga melakukan komunikasi dengan tenaga medis maupun paramedis yang bekerja di rumah sakit tersebut. Termasuk para pasien yang sedang menjalani perawatan.

Upayanya untuk memberi pemerataan pembangunan pada masyarakat Kecamatan Sangatta Selatan juga mulai terlihat. Kecamatan Sangatta Selatan dan Teluk Pandan yang selama beberapa tahun belakangan mengalami ketertinggalan dalam pembangunan, akibat masuk dalam kawasan Taman Nasional Kutai (TNK), sekarang sedikit demi sedikit mulai terlayani dengan baik. Infrastruktur jalan, sekolah, listrik dan air bersih, perlahan tapi pasti mulai dinikmati warga di dua kecamatan tersebut.

Termasuk rencana penyelesaian pembangunan Pelabuhan Sangatta di kawasan Kenyamukan, menjadi salah satu prioritas pria yang kini tengah menempuh pendidikan Doktoral di Universitas Merdeka Malang. Apalagi, pelabuhan tersebut masuk dalam salah satu pelabuhan yang disinggahi untuk rute tol laut delapan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Berbagai upaya pun langsung dilakukan dan dengan intensif memantau progres pekerjaan pembangunan.

Sebagai lulusan Fakultas Tehnik Pertambangan, Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makasar, ini pun aktif di organisasi profesi para ahli tambang, sebagai Penasihat Perhimpunan Ahli Tambang Indonesia (Perhapi) Kutai Timur. Cita-cita yang sedang digapai adalah membangun monumen tambang di Sangatta, Kutai Timur. Sebuah keinginan yang wajar, mengingat Kutim merupakan kabupaten penghasil batubara terbesar se Asia.

Dengan meletakkan unit HD truck terbesar di dunia milik PT KPC, ia ingin, masyarakat Kutai Timur tidak hanya tahu slogan kota tambang dan melihat dari kejauhan debu yang mengudara di area pertambangan. Tapi, juga tahu apa saja yang ada di kawasan pertambangan. Khususnya peralatan yang digunakan.

Tak hanya itu, ayah empat anak ini juga aktif menggerakkan bidang olahraga otomotif. Dengan terpilih menjadi Ketua Indonesia Offroad Federation (IOF) tahun 2019 lalu. Selain memang aktif di bidang olahraga extreme, seperti trail dan offroad, saat ini juga menahkodai PASI kaltim dan aktif dalam pembinaan untuk persiapan PON Papua.(habis)

Comment here