Berita PilihanKutai Timur

Buka Musrenbang, Bupati Pastikan Pembangunan Kantor Desa Rampung 2020-2021

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Bupati Ir H Ismunandar MT didampingi Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM dan Kepala Bappeda Kutim, Dr Edward Azran membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan digelar di ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Senin (16/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengungkapkan selama kepemimpinan, pembangunan insfrastruktur dasar menjadi perhatian serius. Pemenuhan kebutuhan listrik, air bersih dan perekonomian masyarakat terus berjalan. Walaupun ada juga yang masih belum. Apalagi kalau melihat di media sosial, ada yang katanya belum menyala lampunya.

“Ya Batu Ampar memang bertahap. Tapi kan sudah ada tiga atau empat desa. Jadi inilah yang bisa kita lakukan, bagaimana memenuhi kebutuhan masyarakat. Kalau PLN tidak masuk, kita lakukan dengan komunal maupun mikro hidro seperti di Kecamatan Sangkulirang,” ujarnya.

Selain itu, soal pembangunan Kantor Desa yang mendominasi usulan saat Musrenbang kecamatan, ditanggapi Bupati Ismunandar dengan memastikan pembangunan maupun perbaikan kantor desa menjadi program prioritas di tahun 2020-2021.

“Memang namanya janji politik itu kadang-kadang kita prediksi, ternyata pendapatan tidak sesuai. Dulu janjinya per desa dapat Rp 2 miliar. Tapi, pada 2016-2017, Pemkab Kutim, kena pemangkasan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar. 2020 ini, Rp 500 juta per desa, tidak meleset. Agar desa cepat membangun. Begitu juga kantor desa. Semua akan dibangun pada 2020 dan 2021,” kata Bupati.

Begitu juga dengan dana RT yang dijanjikan Rp 50 juta per tahun, Bupati memohon maaf, alokasi tersebut baru diberikan untuk RT di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Dimana penduduknya cukup padat. “Untuk kecamatan lain, sabar dulu. Karena Sangatta Utara dan Sangatta Selatan memiliki penduduk yang cukup padat,” kata Ismunandar.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here