Berita PilihanKutai Timur

Tingkatkan Kualitas Petani Sawit, Dinas Pertanian Kutim Adakan Sosialisasi

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Dalam upaya meningkatkan peran, tantangan dan strategi pengembangan serta peremajaan sawit rakyat (PSR) khususnya di Kabupaten Kutai Timur, Dinas Pertanian Kutim bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit R.O Samarinda melaksanakan sosialisasi prospek pengembangan usaha kelapa sawit dalam peningkatan kesejahteraan petani dan pelaku usaha.

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa perwakilan Kepala Dinas di lingkup pemerintah Kabupaten Kutim, serta seluruh camat ini berlangsung di ruang Meranti kantor Bupati Kutim, Senin (9/12/2019)

Karena Kutai Timur memiliki luas wilayah yang cukup besar dibandingkan dari daerah lain yang ada di indonesia di dalam pengembangan sawit, dan juga banyaknya masyarakat kita (Kutim) yang menanam komoditi ini maka diperlukan adanya bimbingan dan pembinaan, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kutim Drs H Irawansyah M Si.

“Untuk itu kepada pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Perkebunan maupun pemerintah kecamatan dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat, baik yang berkenaan dengan kebijakan nasional dan bahkan kebijakan dunia (internasional) terkait kelapa sawit,” harapnya.

“Alhamdulillah untuk kebijakan nasional kita, bapak presiden sudah menetapkan bahwa sedikit demi sedikit penembangan kelapa sawit ini bisa diolah menjadi bahan bakar baik itu kendaraan maupun pabrik yang saat ini sudah mencapai 30 persen sebagai penganti bahan bakar minyak dari fosil,” jelasnya.

Lebih lanjut Irawan sapaan akrab Sekda Kutim mengatakan bahwa banyak masyarakat kita yang tidak memahami baik dengan yang berkenaan dengan kualitas bibit dan hutan yang boleh untuk ditanam.

“Dengan masih banyaknya ketidak tauhan itu maka masih banyak yang menanm dikawaan hutan lindung, ini sangat mempengaruhi motopasi negara-negar luar untuk memesan atau membeli CPO dan bahkan tidak akan diberikannya sertifikasi,” imbuhnya.

Sebelumnya Andi Putra Damanik perwakilan Pusat Penelitaian Kelapa Sawit R.O Samarinda menerangkan bahwa kabupaten Kutim merupakan salah satu kabupaten yang memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar, yang salah satunya sudah go internasional yakni perkebunan kelapa sawit yang berada di Kecamatan Muara Wahau

“Dengan masih banyaknya kendala dilapangan khususnya petani rakyat, dimana perkebunan rakyat ini semakin meningkat untuk jumlahnya dan masih banyak persoalan yang dihadapi khususnya produktifitas, maka kita harus sering memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Andi.

“Untuk diketahui peran kelapa sawit di indonesia sudah rengking pertama dan sudah mengalahkan migas. Ditahun 2018 sumbangsih kenegara untuk CPO mencapai 265 terliun rupiah,” ungkapnya. (rb05)

Comment here