Berita PilihanKutai Timur

Pilkada 2020, TPS di Kutim Berkurang 260 Unit

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Tak terasa, puncak pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kutai Timur tinggal sembilan bulan lagi. Yakni pada 23 September 2020 mendatang. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kutai Timur sudah melakukan beragam persiapan, termasuk memperkirakan jumlah pemilih dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibutuhkan.

Hasilnya, menurut Ketua KPUD Kutim, Ulfa Jamiatul Farida, jumlah TPS di Kutim akan berkurang hingga 260 unit. Dari 945 unit pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden lalu serta Pemilu Legislatif, menjadi 685 unit saja pada Pilkada 2020 mendatang.

“Waktu Pilpres dan Pileg, jumlah pemilih di setiap TPS dibatasi maksimal 200 orang, hal ini karena jumlah surat suara yang harus dicoblos ada lima macam. Untuk Pilkada nanti, jumlah surat suaranya hanya satu, sehingga jumlah pemilih bisa mencapai 500 per TPS. Maka dari itu, jumlah TPS –nya menyusut sekitar 260 unit,” ungkap Ulfa.

Sementara untuk jumlah pemilih, menurut Ulfa, pihaknya masih menggunakan data dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat Pileg dan Pilpres lalu. Yakni 227.323 jiwa. Sambil menunggu data valid-nya dari Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim. “Apakah DPT meningkat atau menurun, kita masih tunggu informasi dari Disdukcapil. Terutama jumlah pemilih pemula. Karena akan berpengaruh juga,” ujar Ulfa.(rb04)

Comment here