Berita PilihanKutai Timur

Unjuk Kesiapsiagaan, Satgas Karhutla Kutim Lakukan Gelar Pasukan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di lingkungan Pemkab Kutai Timur, dirangkaikan dengan peringatan Hari Korpri dan gelar pasukan tim satgas penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2019.

Para personel Satgas Karhutla ikut berbaris rapi di lapangan, dengan menunjukkan seluruh peralatan penanggunakan kebakaran yang dimiliki. Tak terkecuali unit kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Tak hanya dipamerkan, tapi juga ditampilkan bagaimana cara penggunaannya ketika menangani api yang menjalar di lahan kering.

“Gelar pasukan ini, memperlihatkan kesiapsiagaan tim satgas Karhutla Kutim dalam menangani kebakaran hutan dan lahan. Apalagi beberapa waktu lalu, kebakaran sempat terjadi di beberapa tempat dalam waktu yang hampir bersamaan. Gelar pasukan sekaligus melihat kemampuan tim satgas menangani kebakaran di lapangan dan peralatan yang dimiliki untuk menanggulangi api,” kata Bupati Kutai Timur, Ir H Ismunandar MT.

Ia berpesan kepada semua personel satgas, mulai dari TNI, Polri, Damkar, BPBD, Manggala Agni, UPTD Kehutanan, Masyarakat Peduli Api, Kelompok Petani Peduli Api, tim Perusahaan hingga relawan, agar tetap siaga. Mamastikan personil dan peralatan selalu siap siaga setiap saat.

Gelar pasukan kesiapsiagaan personel Satgas Karhutla, juga ditenggarai hasil Rakornas Karhutla yang diselenggarakan Presiden di Jakarta, baru-baru ini. Dalam rakor tersebut, presiden memprioritaskan pencegahan melalui patroli dan deteksi dini. Namun, bila terlanjur terjadi kebakaran, tim satgas di daerah bisa memadamkan api sesegara mungkin, sebelum api menjadi besar.(rb04)

Comment here