Berita PilihanKutai Timur

Pemerintah Minta Aset Causeway Segera Dilimpahkan ke Daerah

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Wakil Bupati H Kasmidi Bulang meminta Dinas Perhubungan Kutai Timur segera memastikan proses pelimpahan aset causeway Pelabuhan Sangatta di kawasan Kenyamukan, dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Hal ini diungkapkan Kasmidi dalam coffee morning yang digelar di ruang Meranti, Senin (25/11/2019).

Dengan pelimpahan aset, Pemkab Kutim bisa meneruskan pembangunan causeway yang sebelum dilimpahkan menjadi kewenangan pemerintah pusat dan tak terselesaikan hingga kini. Pasalnya, kehadiran pelabuhan umum di Sangatta, memiliki peran yang banyak bagi pertumbuhan ekonomi di Kutim juga kota sekitarnya.

“Segera selesaikan proses administrasi pelimpahan aset, sebelum tahun 2019 berakhir. Agar di tahun 2020 mendatang bisa dianggarkan penyelesaian causeway, oleh pemerintah daerah. Begitu causeway selesai, pelabuhan bisa digunakan. Kapal yang melintasi perairan Kutim juga bisa mampir. Distribusi barang dan orang menjadi lebih lancar,” ujar Kasmidi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kutim, Ikhsanuddin Syerpi mengatakan suratnya sudah disampaikan ke Dirjen Kekayaan Negara untuk pelimpahan aset. Pihaknya tinggal menunggu surat balasan untuk proses pelimpahan.

“Kami minta sebelum Desember 2019, pelimpahan sudah dilakukan. Agar 2020 mendatang sudah bisa dianggarkan penyelesaian causeway-nya. Setelah dilimpahkan, baru kita bisa perhitungkan anggaran yang dibutuhkan. Pastinya, untuk sisi darat saat ini terus berjalan. Pekerjaan selanjutnya senilai Rp 20 miliar, segera dilaksanakan,” ungkap Ikhsan.(rb04)

Comment here