Berita PilihanKutai Timur

Ratusan Helm Anak untuk Keselamatan Berlalu Lintas

RUMAHKARYABERSAMA.COM, LONG MESANGAT – Sekali mendayung, dua… tiga pulau terlampau. Sekali berkunjung ke kawasan pedalaman, pada Jumat (4/10/2019) kemarin, tiga kecamatan langsung didatangi Wakil Bupati Kutai Timur, H Kasmidi Bulang ST MM, yang saat ini menjabat sebagai Plt Bupati Kutim. Karena Bupati Ir H Ismunandar MT sedang mengikuti pendidikan di Lemhanas RI.

Satu di antara tiga kecamatan yang dikunjungi Wabup Kasmidi Bulang, adalah Long Mesangat. Di sini, Wabup bersama Bidang Darat Dinas Perhubungan Kutai Timur kembali menggelar program bagi helm anak gratis pada pelajar tingkat TK dan SD. Sekitar 50 anak yang dikumpulkan di aula Kantor Camat Long Mesangat langsung mendapat helm yang dipakaikan secara simbolis oleh Wabup Kasmidi Bulang. Sementara untuk Kecamatan Long Mesangat mendapat alokasi 533 helm anak dan 50 helm full face untuk pelajar SMU.

Helm anak tersebut, menurut Kasmidi merupakan bagian dari dukungan pemerintah kabupaten untuk menekan angka kematian dan luka berat akibat kecelakaan lalu lintas pada anak. Karena di kecamatan pun, banyak orang tua yang membawa anaknya berkendara, baik untuk sekadar jalan –jalan maupun mengantar ke sekolah, tapi tidak menggunakan helm. Padahal, akibat yang dirasakan kalau terjadi laka lantas, antara orang tuanya dengan sang anak sama. Bahkan bisa lebih fatal pada anak-anak.

“Program ini dicanangkan Bapak Bupati dan saya, untuk menjaga keselamatan anak-anak kita., terutama anak usia TK dan SD. Helmnya, berkualitas SNI. Kami berikan gratis, untuk membudayakan keselamatan berlalu lintas pada warga. Jadi, jangan orang tuanya saja yang kepalanya dilindungi, tapi anak-anak juga harus dilindungi. Sebab, kalau terjadi hal yang tak diinginkan akibat yang dirasakan sama, antara orang tua sebagai pengendara maupun anak, yang menumpang,” ungkap Kasmidi.

Saat ini pembagian helm gratis bagi anak sekolah, sudah dilakukan di delapan kecamatan. Tahun ini menyusul lima kecamatan. Secara bertahap, seluruh kecamatan di Kutim akan kebagian. “Pokoknya, anak –anak nanti, setelah dapat helm, jangan mau diajak naik motor kalau tidak pakai helm,” ujar Kasmidi.(rb01/rb03/rb04/rb07)

Comment here