BeritaKutai TimurSeni & Budaya

Kasmidi Lepas Pawai Karnaval Budaya Nusantara

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Kemeriahan HUT ke 201 Kutai Timur masih terus berlanjut. Setelah membuka Pekan Budaya Nusantara di area Polder Sangatta, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM yang juga Ketua Panitia HUT Kutim, melepas ratusan peserta pawai Karnaval Budaya, di Jalan Yos Sudarso II Kecamatan Sangatta Utara, Minggu (6/10/2019).

Ratusan peserta karnaval, tergabung dalam 38 tim yang terdiri dari, 17 perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Kutai Timur, sembilan dari perwakilan peserta umum, tiga dari kalangan SMA, tiga dari kalangan pelajar SMP dan lima dari kalangan SD.

“Ada 175 undangan yang kami sebar untuk mengikuti karnaval budaya, namun hanya 38 tim saja yang ikut berpartisipasi. Semua tim tampil secara total dengan menyuguhkan beragam budaya dari warga tinggal di Kutai Timur,” ungkap Ketua Panitia Pawai Budaya, DR Nurullah.

Sebelum melepas para peserta pawai, Wabup Kasmidi Bulang memberi apresiasi pada para peserta yang sudah berpartisipasi. Dengan menampilkan kekhasan suku budaya yang ada masyarakat Kutai Timur. Baik melalui pakaian, tarian hingga pertunjukan.

“Rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kutim cukup banyak dan setiap kegiatan pun diikuti banyak peserta. Kemarin sore, kita sudah menyaksikan beragam budaya dari warga yang tinggal di Kutai Timur ditampilkan dalam panggung Pekan Budaya Nusantara di area Polder Sangatta. Hari ini, kita saksikan pawai budaya yang menampilkan kekhasan suku dan etnis yang ada di Kutim. Ini artinya apa? Bahwa kita di Kabupaten Kutai Timur ini terdiri dari beragam suku dan etnis. Namun, alhamdulillah, sejauh ini semua hidup rukun dan damai,” ungkap Kasmidi.

Kemeriahan HUT Kutim kali ini, menurut Kasmidi untuk semua warga Kutim. Sumbangsih bersama, dari berbagai pihak ketiga maupun sponsor lain untuk menggelar kegiatan. “Mari kita jaga kebersamaan dan kerukunan yang sudah tercipta selama ini. Untuk membangun Kutai Timur lebih maju lagi,” ujar Kasmidi.(rb03/rb07)

Comment here