BeritaKutai TimurSeni & Budaya

Buka Pekan Seni Budaya, Kasmidi Ingin Tunjukkan Kerukunan Warga Kutim

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Masih dalam rangkaian kemeriahan HUT ke 20 Kabupaten Kutai Timur di area Polder Sangatta, Jalan Ilham Maulana, Kecamatan Sangatta Utara, Sabtu (5/10/2019), digelar pula Pekan Seni Budaya Nusantara 2019.

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM, sore tadi, diikuti hampir seluruh paguyuban yang ada di Kutai Timur. Ditandai dengan pemukulan gendang, para anggota paguyuban menampilkan seni budaya khas daerah masing-masing. Baik dalam bentuk penampilan tarian, alat musik hingga karya seni budaya lainnya.

“Pekan Seni Budaya patut mendapat apresiasi. Karena menampilkan budaya semua etnis dan paguyuban yang ada di Kutim. Tujuannya, supaya bisa tampil di hadapan warga, bahwa meski kita dari berbagai suku dan agama, tinggal bersama di Kutai Timur, Alhamdulillah, tetap rukun dan guyub bersama membangun Kutim tercinta,” kata Kasmidi.

Dalam rangkaian HUT Kutim, menurut Kasmidi, banyak kegiatan yang digelar. Setelah Pekan Seni Budaya Nusantara, Minggu (6/10/2019) pagi, akan dilepas para peserta karnaval budaya yang diikuti, seluruh paguyuban di Kutim, pelajar, komunitas serta perwakilan kecamatan se Kutim.

“Selain itu, kami juga akan menggelar Ekspo Pekan Raya Kutim 2019, yang dibuka pada 8 Oktober 2019n di gedung ekspo. Di sana juga akan menampilkan kegiatan seni dan band performance. Mengapa kegiatan kami bagi di dua tempat, agar konsentrasi masyarakat tidak terpecah. Setelah kegiatan di area polder, masyarakat bisa mengikuti acara di gedung ekspo,” ungkap Kasmidi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Nurullah mengatakan Pekan Seni Budaya Nusantara yang digelar hingga 7 Oktober mendatang, diikuti 28 paguyuban yang ada di Kutim. Dengan harapan bisa terus melestarikan budaya-budaya yang ada di Kutim. Baik seni musik, tarian maupun karya seni lainnya.(rb06)

Comment here