Berita PilihanKutai Timur

Desa Sangatta Utara Ikut Lomba PHBS Tingkat Provinsi Kaltim

SANGATTA – Setelah menjadi yang terbaik ditingkat Kabupaten, RT 35 Gang Volvo, Desa Sangatta Utara, di Kecamatan Sangatta Utara, dipilih mewakili Kutai Timur (Kutim) untuk mengikuti penilaian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2019.

Keikutsertaan Desa Sangatta Utara sudah dinilai sebelumnya bersama dengan desa-desa yang lain di Kutim untuk lomba PHBS tingkat kabupaten dari hasil penilaian Desa Sangatta Utara berhak untuk mewakili Kutim ke tingkat Provinsi Kaltim.

Berkenaan dengan itu Dinas Kesehatan dan TP PKK Kabupaten Kutim turun kelapangan melakukan pembinaan lebih lanjut pagi tadi, Selasa (29/10/2019).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kutim Siti Fatimah yang juga sebagai Ketua Pokja IV TP PKK Kutim mengatakan, pemberdayaan keluarga di Kabupaten Kutim yang dilakukan pihaknya merupakan gerakan masyarakat yang memiliki kekuatan untuk memberdayakan serta menggerakan keluarga dan masyarakat.

“Berperilaku hidup bersih dan sehat ini merupakan implementasi hak asasi manusia yang patut dihargai dan diperjuangkan oleh semua pihak,” sebut Fatimah hari itu.

Karena alasan tersebut, upaya menggerakan dan memberdayakan keluarga untuk hidup bersih dan sehat turut menjadi tanggung jawab Pemkab Kutim melalui Dinas Kesehatan. Pemerintah melibatkan lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi kemasyarakatan, pihak swasta, dan dunia usaha. Sehingga program mewujudkan rumah tangga ber-PHBS dapat sukses dilaksanakan.

“Rumah tangga ber-PHBS artinya mampu menjaga, meningkatkan, dan melindungi kesehatan setiap anggota rumah tangga. Khususnya dari gangguan ancaman penyakit dan lingkungan yang kurang kondusif untuk hidup bersih serta sehat”, jelasnya.

Fatimah berharap Desa Sangatta Utara yang telah berhasil menjadi pemenang juara 1 lomba PHBS di rumah tangga tingkat Kabupaten Kutim dan mewakili Kabupaten Kutim untuk lomba PHBS di tingkat Provinsi berhasil menjadi juara. Sehingga menjadi motivasi bagi para kader lain agar lebih aktif untuk melaksanakan kegiatan PHBS.

Senada Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kutim, Muhammad Yusuf, mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya melakukan penilaian, tetapi sekaligus membina PHBS di Desa Sangatta Utara tepatnya di RT 35 Gang Volvo. Agar nantinya bisa diandalkan untuk bisa tampil mewakili Kabupaten di tingkat Provinsi.

“Kami berharap apa saja yang diperlukan dalam hal penilaian langsung dipenuhi. Kami laksanakan pembinaan, mudah-mudahan bisa lengkap agar tim bisa melakukan penilaian dengan baik. Semoga apa yang diharapkan tercapai, yakni desa ini bisa menang (lomba PHBS),” harap Yusuf.

Lebih lanjut pada kesempatannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan masyarakat ber-PHBS, dangan adanya pemenang maka dapat dijadikan contoh atau panutan bagi RT maupun desa-desa yang lain sehingga bisa menjadi desa sehat dan bertahap lagi menjadi kecamatan sehat hingga kabupaten sehat.

“Salah satu untuk menjadi desa sehat, kecamatan sehat dan kabupaten sehat salah satunya adalah PHBS, untuk itu kita perlu kerjasama dan kekompakan semua lintas sektor, lintas program terutama masyarakat sebagai pemberdayaannya,” tutup Yusup dalam perbincangannya. (rb05)

Comment here