Berita PilihanKutai Timur

Rakor FKUB se Kaltim, Sa’bani Pesan Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Plt Sekprov Kaltim Sa’bani membuka kegiatan Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se Kalimantan Timur yang dipusatkan di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Rabu (25/9/2019).

Mengusung tema Peningkatan Peran Strategis FKUB Menjaga Kondusifitas Daerah Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2020, rakor diharapkan dapat memberi pemahaman pada semua tokoh agama, terutama pengurus FKUB kabupaten kota se Kaltim akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mendukung Pilkada serentak mendatang.

Menurut Sa’bani, hingga kini Kutai Timur salah satu daerah di Kalimantan Timur yang tidak pernah mengalami bencana sosial sebagai akibat konflik kepentingan bernuansa Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA). Para tokoh yang hadir memiliki tanggung jawab besar untuk membina kalangan umat beragama, guna menjamin siapapun yang datang ke Kaltim akan merasa aman dan damai. Apalagi tahun depan akan digelar Pilkada serentak di sembilan kabupaten/kota se Kaltim.

“Dalam Pilkada nanti, akan ada persaingan antar kandidat calon kepala daerah. Massa yang terlibat juga banyak. Sembilan kabupaten/kota penyelenggaran Pilkada akan diuji kondusifitas daerahnya. Untuk tetap melaksanakan Pilkada dengan aman, damai dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM daam sambutannya berharap, FKUB menjadi peredam suhu politik yang meningkat menjelang Pilkada serentak tahun 2020. Selain sebagai wadah mediator, rekonsiliator dan fasilitator dalam memberikan rujukan dan inspirasi tentang kerukunan beragama sehingga tumbuh rasa saling percaya dan membangun opini publik tentang pentingnya hidup rukun.

“Untuk menciptakan wilayah yang aman dan tertib, pemerintah bekerjasama dengan ormas keagamaan seperti FKUB. Sehingga, pertemuan ini sangatlah penting untuk menyatukan pandangan kita, khususnya menyongsong Pilkada serentak tahun 2020,” kata Kasmidi Bulang.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here