Rakor FKUB se Kaltim, Sa’bani Pesan Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak

9333CCC6 7DD8 4337 A76E 4D4634B9B17E

4B8FADDF 29CA 4D47 8CB5 546473D2F359RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Plt Sekprov Kaltim Sa’bani membuka kegiatan Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se Kalimantan Timur yang dipusatkan di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Rabu (25/9/2019).

Mengusung tema Peningkatan Peran Strategis FKUB Menjaga Kondusifitas Daerah Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2020, rakor diharapkan dapat memberi pemahaman pada semua tokoh agama, terutama pengurus FKUB kabupaten kota se Kaltim akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mendukung Pilkada serentak mendatang.

429DD3FF 49FC 4FB2 A0D1 4E90F21D1A12Menurut Sa’bani, hingga kini Kutai Timur salah satu daerah di Kalimantan Timur yang tidak pernah mengalami bencana sosial sebagai akibat konflik kepentingan bernuansa Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA). Para tokoh yang hadir memiliki tanggung jawab besar untuk membina kalangan umat beragama, guna menjamin siapapun yang datang ke Kaltim akan merasa aman dan damai. Apalagi tahun depan akan digelar Pilkada serentak di sembilan kabupaten/kota se Kaltim.

“Dalam Pilkada nanti, akan ada persaingan antar kandidat calon kepala daerah. Massa yang terlibat juga banyak. Sembilan kabupaten/kota penyelenggaran Pilkada akan diuji kondusifitas daerahnya. Untuk tetap melaksanakan Pilkada dengan aman, damai dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM daam sambutannya berharap, FKUB menjadi peredam suhu politik yang meningkat menjelang Pilkada serentak tahun 2020. Selain sebagai wadah mediator, rekonsiliator dan fasilitator dalam memberikan rujukan dan inspirasi tentang kerukunan beragama sehingga tumbuh rasa saling percaya dan membangun opini publik tentang pentingnya hidup rukun.

“Untuk menciptakan wilayah yang aman dan tertib, pemerintah bekerjasama dengan ormas keagamaan seperti FKUB. Sehingga, pertemuan ini sangatlah penting untuk menyatukan pandangan kita, khususnya menyongsong Pilkada serentak tahun 2020,” kata Kasmidi Bulang.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *