BeritaKutai Timur

PT WTC Bersedia Pekerjakan Buruh yang Di-PHK

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Pertemuan antara perwakilan pekerja dan managemen PT PT Wahana Tritunggal Cemerlang (WTC) yang difasilitasi Pemkab Kutai Timur, berjalan lancar, Selasa (24/9/2019).

Dipimpin Sekda Drs H Irawansyah M Si, hasil pertemuan membuahkan enam poin penting yang akan ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak. Poin tersebut, adalah PT WTC bersedia mempekerjakan kembali para pekerja yang telah di PHK di PT WTC maupun perusahaan lain dengan syarat, masa kerja tidak dipotong karena dimutasi. Dan akan diangkat sebagai karyawan tetap bagi yang telah memenuhi syarat dan ketentuan perusahaan.

Kedua, upah selama mogok yang akan diputuskan pada pekan depan. Ketiga, perusahaan juga akan memenuhi hak cuti hamil dan melahirkan. Keempat, pekerja yang memasuki masa pensiun, akan dipenuhi hak-haknya sesuai perundangan yang berlaku.

Kelima, pemerintah bersama pihak lain, bertugas meminimalisir konflik atau mendamaikan pihak-pihak yang sedang berselisih. Keenam, perwakilan atau kuasa pekerja meminta perusahaan memenuhi biaya kebutuhan hidup sehari-hari pekerja selama berada di penampungan.

Seperti diketahui, sekitar 343 buruh yang sebagian besar warga NTT di PHK secara sepihak dan diusir dari camp tempat tinggal mereka di perusahaan PT WTC. Saat ini, ratusan buruh beserta keluarga mereka tinggal di aula Kantor Camat Karangan.

Mereka di PHK dan diusir dari tempat tinggalnya, karena dianggap tidak mau bekerja lagi oleh pihak perusahaan. Setelah melakukan mogok kerja selama dua bulan. Aksi mogok kerja ini pun bermula dari tuntutan kesejahteraan dan layanan kesehatan yang tidak diperoleh secara paripurna. Berulang kali pekerja mengajukan protes, namun tidak mendapat respon dari perusahaan. Hingga akhirnya menempuh jalan mogok kerja.

Beruntung, mereka pun mendapat perhatian dari banyak pihak. Termasuk warga setempat dan organisasi masyarakat yang memberi bantuan sembako dan bahan pangan siap saji bagi para pengungsi ini. Tak hanya itu, pihak kecamatan pun turun tangan memberi bantuan layanan kesehatan dan air bersih bagi mereka.(rb04)

Comment here