Berita

Ratusan Pekerja PT FAM Gelar Unjuk Rasa

RUMAHKARYABERSAMA.COM, KALIORANG – PT Fairco Agro Mandiri (FAM) di Kecamatan Kaliorang, Kamis (8/8/2019), didemo ratusan pekerjanya. Para pekerja yang jumlahnya diperkirakan 150 orang memadati halaman kantor pabrik kelapa sawit perusahaan tersebut, mulai pukul 06.30. Aksi ini otomatis membuat operasional perusahaan tersebut terhenti.

Para pekerja menuntut hak normative sebagai pekerja dipenuhi perusahaan. Selain itu, pola waktu kerja dan upah yang masih di bawah standar UMK/proporsi segera disesuaikan. Status pekerja yang terus menerus merupakan Pekerja Kontrak Waktu Tertentu (PKWT) juga diprotes. Apalagi, adanya permasalahan sudah ada pemotongan gaji untuk biaya BPJS kesehatan, namun saat berobat masih ada yang harus dibayar sendiri oleh pekerja. Para pekerja meminta perusahaan melakukan pembenahan terhadap apa yang menjadi hak pekerja.

Ratusan pekerja tersebut, akhirnya ditemui manajemen perusahaan Had Sunardi didampingi jajaran kepolisian dan Koramil Bengalon. Hasilnya, sebagian tuntutan para pekerja akan dipenuhi sesuai kemampuan perusahaan.

“Perusahaan bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan BPJS kesehatan dan pesangon. Tanggal penggajian juga ditetapkan. Yakni tanggal 14, 15 atau 16 setiap bulannya. Bahkan untuk jumlah upah, karyawan juga diminta kroscek data gaji masing-masing,” ungkap Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan.(rb04)

Comment here