Berita PilihanKutai Timur

Puluhan Kendaraan Hias Meriahkan Pawai Kemerdekaan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT melepas puluhan kendaraan hias peserta Pawai Kemerdekaan dalam rangka peringatan HUT Ke 74 Republik Indonesia. Pelepasan dilakukan di Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di depan Kantor KNPI Kutim, Minggu (18/8/2019).

Kegiatan juga dihadiri Sekretaris Daerah, Drs H Irawansyah dan Forkompinda serta Kepala OPD. Dalam kesempatan itu, Bupati Ismunandar menyampaikan kegiatan ini masih dalam rangkaian memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-74 dan juga sebagai gambaran bagian kesuksesan penyelenggaraan pemerintah di daerah yang ditampilkan oleh para peserta pawai.

Sementara itu ketua panitia kegiatan tersebut Nurullah menyampaikan Pawai Kemerdekaan diikuti 60 mobil hias dan sepeda motor hias. Mereka melintas dengan rute mulai depan kantor KNPI Jalan Soekarno-Hatta melewati Jalan Yos Sudarso sampai di kawasan Sangatta Lama dan finish di Kantor Camat Sangatta Utara.

“Kendaraan hias ini merupakan bagian dari lomba yang digelar panitia HUT RI Pemkab Kutim. Ada penilaian dari tim juri, mengenai tema yang ditampilkan, keindahan dan tingkat kesulitan dalam menghias kendaraan. Begitu juga dengan kategori penilaiannya. Ada kategori OPD, Umum dan pelajar, ” ujar Nurullah.

Di tengah pawai tersebut, sempat terjadi aksi teroris menyandra Bupati Kutai Timur dan tim Eastern Fleet Quict Response (EFQR) Lanal Sangatta. Warga pun sempat dibuat kaget dengan suara tembakan yang bertubi-tubi. Pasukan berpakaian loreng ini dengan sigap turun ke lapangan untuk melumpuhkan aksi teroris. Hingga akhirnya Bupati Kutim berhasil diselamatkan.

Aksi menakjubkan lainnya, dilakukan Ikatan Keluarga Tana Toraja (IKAT) Kutai Timur. Mereka menampilkan miniature rumah khas Tana Toraja dengan atap yang melengkung di atas kendaraan hias. Para penari pun turun ke jalan menunjukkan kebolehannya.

Atraksi barongsai juga memeriahkan Pawai Kemerdekaan kali ini. Tim KONI Kutim menampilkan aksi barongsai yang dimainkan dua atlet barongsai. Pada Porprov Kaltim kemarin, Barongsai Kutim membabat habis medali emas yang diberikan.(rb03/rb06/rb07)

Comment here