Berita PilihanKutai Timur

Bakar Lahan, Rumah Kayu Hampir Ikut Terbakar

RUMAHKARYABERSAMA, SANGATTA – Warga Gang Arjuna Kembar, Jalan AW Syahrani, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur dikagetkan dengan asap tebal dari sebuah lahan kosong di wilayah mereka, Kamis (15/8) sekitar pukul 15.15 wita.

Tak lama, asap tebal pun mulai mempelihatkan api yang membumbung. Warga pun langsung memanggil awak Pemadam Kebakaran yang poskonya tak jauh dari kawasan mereka. Rupanya sepetak lahan kosong sengaja dibakar warga dan hampir melalap rumah kayu yang berada di sampingnya.

Raffi, warga yang melihat kejadian tersebut mengatakan, api cepat membesar karena cuaca yang panas namun hembusan angin cukup kencang. “Tadi waktu sholat dhuhur tidak terlihat api. Tapi tiba-tiba, saat keluar rumah, api sudah membesar,” ujarnya.

Padahal, setiap tahun saat memasuki musim kemarau, warga selalu diimbau tidak membuka lahan dengan cara membakar. Karena bisa berdampak luas dan sulit dikendalikan bila sudah terbakar. Pemkab Kutim bahkan sudah mengaktifkan tim Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tingkat kecamatan. Untuk secara cepat dan tanggap menanggulangi kejadian karhutla.

“Termasuk kita ajak stakeholder untuk bersama-sama melakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kutim. Karena di saat cuaca kemarau, kebakaran sangat mudah terjadi,” ujar Bupati Ir H Ismunandar MT dalam sebuah kesempatan.(rb07)

Comment here