Berita PilihanKutai TimurOlahraga

Peringatan HUT RI Disambut Beragam Perlombaan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, BUSANG – Meski berada di kawasan pedalaman Kabupaten Kutai Timur, Kecamatan Busang tak mau ketinggalan dalam memeriahkan HUT ke 74 Rebuplik Indonesia. Terutama dengan kegiatan perlombaan yang melibatkan warga desa-desa di wilayah kecamatan Busang.

Ada tujuh perlombaan yang digelar dalam sepekan belakangan ini. Yakni, sepakbola antar desa dan perusahan di kawasan Busang, bola voli putra maupun putrid, lari 100 meter, lomba senam ibu-ibu PKK antar desa, serta lomba senam lansia.

Selain itu, digelar pula tari-tarian khas suku Dayak oleh para pelajar dan ibu-ibu warga. Satu di antaranya, tari Datun Julut atau tari gerak bersama yang dibawakan lebih 20 penari. Mereka bergerak seiring sejalan mengikuti irama dari alat musik suku Dayak. Datun Julut adalah sebuah tarian selamat datang yang mengandung makna memupuk persatuan dan kesatuan, kerja sama yang bagus serta melambangkan saling menghormati antar sesama.

Di kawasan perkampungan, warga desa juga sudah meramaikan jalan pemukiman serta rumah mereka dengan beragam hiasan warna-warni. Ada umbul-umbul, bendera hingga lampu hias. “Seluruh masyarakat sudah mendapat imbauan sejak awal Agustus lalu, untuk ikut mempercantik kampung dengan beragam hiasan bertema kemerdekaan. Agar bulan kemerdekaan itu terasa oleh seluruh masyarakat,” kata Camat Busang Impung Anyek.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*04)

Comment here