30 Gay di Kutim Positif HIV/Aids

7720D22A 1D58 4D6C 925A 42AF14FEF9C7

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Angka penderita HIV/Aids terus meningkat di Kabupaten Kutai Timur. Dinas Kesehatan Kutim melalui Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyehatan Lingkungan (P3L), M Yusuf mengatakan, sejak 2015 hingga pertengahan 2019 ini, sudah tercatat 329 penderita HIV/Aids ada di Kutim. Bahkan dari jumlah itu, diketahui 30 penderita merupakan gay.

“Penyebaran HIV/Aids di Kutim tidak hanya karena gaya hidup yang suka “jajan” dan bergonta ganti pasangan. Namun banyak pula yang dipengaruhi pola perilaku seks yang menyimpang. Atau kaum penyuka sesama jenis. Lesbian Gay Biseksual dan Transeksual (LGBT),” ungkap Yusuf.

LGBT di Kutim yang sudah terpapar HIV/Aids jumlahnya mencapai 121 orang. Di dalamnya ada kaum gay yang terdata sebanyak 30 orang. Jumlah itu diketahui saat dilakukan pemeriksaan oleh Dinkes Kutim dan Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) beberapa waktu lalu.

“Saat ini, kami hanya bisa melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya HIV /Aids. Selain itu, sesuai target Kemenkes, pihak Dinas Kesehatan Kutim juga terus melakukan pemeriksaan pada 17.000 warga sebagai antisipasi penyebaran. Saat ini kita baru mencapai 4.000 orang,” ujar Yusuf.(rb04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *