BeritaKutai Timur

PDAM Kutim Tambah Kapasitas di Kaubun

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, KAUBUN – PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur terus memperbaiki pelayanan, jangkauan maupun kualitas air bersih yang dihasilkan untuk masyarakat di 17 kecamatan se Kabupaten Kutim. Satu di antaranya PDAM di Kecamatan Kaubun.

Sepekan belakangan ini, tim teknis PDAM Kecamatan Kaubun tengah melakukan pemasangan pipa air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kaubun. Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas IPA, dari lima liter per detik menjadi 10 liter per detik. “Penambahan kapasitas IPA Kaubun, menggunakan dana yang bersumber dari APBN 2019. Kebetulan PDAM mendapat alokasi dana APBN sebesar Rp 7 miliar,” ungkap Plt Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur, Suparjan, Jumat (26/7/2019)

Alokasi tersebut terbagi untuk dua kecamatan. Yakni, Rp 3,8 miliar untuk kecamatan Karangan dengan program membangun jaringan dari sumber air sampai ke Kantor Camat Karangan. Sisanya, Rp 3,2 miliar, untuk kecamatan Kaubun dengan program membangun jaringan air bersih ke kawasan pemukiman penduduk.

PDAM Kutim, menurut Suparjan memasang target penambahan 98 pelanggan di Kecamatan Karangan. Dari 254 ke angka 352 pelanggan. Namun hingga Juni 2019 lalu, baru terealisasi penambahan 10 pelanggan saja. Sementara untuk Kecamatan Kaubun, ditargetkan terpasang 322 sambungan dari 239 sambungan di tahun 2018 lalu. Namun, hingga Juni 2019, belum ada penambahan jumlah pelanggan.

“Warga di kecamatan terutama yang berada di desa sekitar sungai, lebih memanfaatkan air sungai atau air hujan, untuk kehidupan sehari-harinya. Kecuali ketika musim kering tiba, dimana air di sungai surut. Namun dengan surutnya air, PDAM pun ikut kesulitan beroperasi,” ungkap Suparjan.

Meski demikian, pihaknya terus berupaya menjangkau seluruh pemukiman warga yang bisa teraliri air bersih dari PDAM. Agar ketersediaan kebutuhan dasar di Kutim bisa terpenuhi.(rb04)

Comment here