Berita PilihanKutai Timur

Optimalisasi Bumdes, 139 Kades Ikut Pembinaan Penguatan Ekonomi Desa

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Pembangunan desa menjadi fokus pemerintahan duet Ismunandar –Kasmidi Bulang. Melalui visi misi Gerakan Pembangunan Desa Mandiri Terpadu (Gerbang Desa Madu), Pemkab Kutai Timur ingin menjadikan seluruh desa menjadi desa maju dan sejahtera.

Salah satunya adalah dengan secara berkelanjutan melakukan peningkatan kapasitas aparatur desa. Terutama bagaimana mengelola keuangan desa. Seperti yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Selasa (18/6/2019).

Mereka mengumpulkan seluruh Kepala Desa yang berjumlah 139 bersama masing-masing Ketua Badan Permusyawarahan Desa (BPD) yang ada di Kabupaten Kutai Timur. Untuk mengikuti kegiatan penguatan ekonomi desa dengan optimalisasi Badan Usaha Milik Desa dan Aset Desa.

“Sampai saat ini kami melihat pengelolaan keuangan dan aset desa belum optimal. Pendapatan Asli Desa (PADes) masih rendah dan pembelanjaan masih bergantung pada Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD). Sehingga perlu dilakukan penguatan ekonomi di desa dengan cara mengoptimalkan Bumdes dan aset desa. Sehingga PADes bisa meningkat. Salah satunya dengan melakukan pembinaan seperti saat ini,” ungkap Kepala DPMPD, Suwandi.

Dalam kegiatan ini, DPMPD Kutim menghadirkan dua narasumber. Serorang ahli ekonomi dan Kepala Desa Suka Maju, Kecamatan Kongbeng, Rosidi yang menjadi desa percontohan pengelola Bumdes terbaik se Kutim. Desa Suka Maju sukses mengelola plasma yang dikerjasamakan dengan perusahaan kelapa sawit setempat menggunakan sistem bagi hasi. Sebanyak 70 persen untuk perusahaan dan 30 persen untuk desa.

Sesuai perjanjian, bagi hasil tersebut, pada 2022 mendatang akan berbalik, 70 persen desa dan 30 persen perusahaan. Sehingga desa tidak terlalu bergantung pada DD maupun ADD. Pemasukan yang ada tertuang dalam APBDes untuk pembiayaan operasional desa. Bahkan, desa juga sudah bisa membeli ambulan dan mobil sampah yang bersumber dari PADes.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*1*4)

Comment here