KEK MBTK Diresmikan Jokowi di Manado

1f200e6a 9e0c 49b0 9cf9 1f8a03bfbbb1
LogoLicious 20190401 173137
Bupati Ir H Ismunandar MT saat meninjau fasilitas air bersih di KEK MBTK

RUMAHKARYABERSAMA.COM, MANADO – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK), akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo di Manado, Sulawesi Utara, hari ini, Senin (1/4/2019).

Sekda Drs H Irawansyah M Si mewakili Bupati Ir H Ismunandar MT yang berhalangan hadir, ikut menyaksikan peresmian KEK MBTK yang dirangkaikan dengan peresmian dua KEK lainnya, yakni, KEK Morotai di Maluku Utara dan KEK Bitung di Sulawesi Utara. Dengan peresmian tiga KEK tersebut, ada 10 KEK yang sudah beroperasi di Indonesia.

LogoLicious 20190401 173220
Kantor Administrator KEK MBTK

“KEK MBTK sebagai sebuah kawasan pengembangan bisnis, memiliki potensi yang sangat besar. Investor yang siap menanamkan modalnya juga sudah banyak. Diprediksi investasi yang akan masuk sebesar Rp 995 miliar. Saat ini, yang sudah mengungkapkan rencana investasi adalah PT Kilang Kaltim Continental yang bergerak di bidang refineri BBM dan PT Anugerah Energitama yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit,” kata Sekda Irawansyah.

Pemkab Kutim bersama Pemprov Kaltim, menurut Irawansyah, juga akan terus membenahi semua fasilitas pendukung yang dibutuhkan investor. Jaringan listrik, telepon dan air sudah dipersiapkan jauh hari. Bahkan, KEK MBTK juga menarik minat Kerajaan Brunei Darussalam untuk berinvestasi di Indonesia.

“Kita berharap dengan adanya KEK, industri pengolahan dan industri lainnya bisa berkembang di dalam negeri. Sehingga kita tidak lagi sekedar mengekspor bahan mentah, melainkan produk yang memiliki nilai tambah lebih tinggi. Selain itu, lapangan pekerjaan juga diharapkan terbuka seluas-luasnya,” kata Jokowi, seperti dikutip dalam keterangan resminya.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *