Berita

Diserbu Massa, Lanal Sangatta Tunjukkan Kekuatan Pertahanan

Simulasi menghadapi demonstran yang berujung anarkis

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Komando Latihan Komando Armada II kembali menggelar uji terampil P1 dan P2 di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sangatta. Selama tiga hari, ratusan personel TNI AL di Sangatta diuji kemampuan mereka dalam berbagai bidang. Untuk mengetahui kesiapsiagaan dan profesionalismenya dalam pencapaian tugas pokok dan fungsi pangkalan.

Pangakalan Angakat Laut Sangatta menggelar uji termpil P1 dan P2

Jumat (15/3/2019), uji terampil dilakukan pada bidang keahlian menembak dan pertahanan pangkalan, baik dari sisi menghadapi aksi demontrasi maupun teror bom. Dalam pertahanan pangkalan, seluruh personel Lanal Sangatta diminta menunjukkan kemampuan menghalau massa, meredam gejolak hingga menghadapi tindakan anarkis.

Yakni, saat menghadapi aksi demonstrasi para nelayan yang menuntut agar oknum Lanal Sangatta pelaku pungli dipecat. Agar tidak menyengsarakan masyarakat nelayan. Namun, aksi yang tadinya berlangsung damai, tiba-tiba menjadi ricuh dan anarkis. Lemparan air, tomat busuk dan bom molotov dilakukan massa.

Kesiapan tim, yang tidak hanya barisan pagar betis penghalau massa, tapi juga tim kesehatan, pemadam kebakaran serta tim negoisator diperlihatkan dalam simulasi yang melibatkan puluhan pelajar SMK Negeri 2 Sangatta Utara.

“Di sini kita menguji dan menilai hasil pembinaan latihan yang dilaksanakan Komandan Pangkalan secara terprogram, bertingkat dan berlanjut selama setahun belakangan. Sekaligus melihat kesiapsiagaan dan profesionalisme prajurit TNI AL di Sangatta dalam rangka pencapaian tugas pokok dan fungsi pangkalan,” kata Ketua Tim Penguji, Letkol Laut (P) DA Mansyur.

Ia berharap, personel Lanal Sangatta semakin maju dan mantap. Karena selama uji terampil berlangsung, terlihat sportifitas dan semangat yang tinggi. Semangat adalah kunci keberhasilan yang utama. Ditambah dengan prosedur tepat, akan menghasilkan personel yang andal.

Senada, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Binsar A Sitorus, mengatakan uji terampil dilakukan baik perorangan maupun tim. Tak hanya personelnya saja, tapi Komandan Lanal pun ikut uji trampil juga. Baik ketrampilan menembak, pertahanan pangkalan maupun kemampuan fisik lainnya. “Agar personel Lanal Sangatta semakin terlatih dan selalu siap jika tiba-tiba dibutuhkan,” kata Binsar.(rb04)

Comment here