Ismunandar Ajak DAD Bangun Kutim dalam Kebersamaan

IMG 20190220 WA0042
IMG 20190227 WA0050
Penyematan topi adat dayak oleh Bupati Ir. H. Ismunandar, MT kepada ketua DAD Harpandi, SE

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) cabang Kutai Timur, Rabu (27/2/2019), telah dikukuhkan oleh Kepala Adat Besar Dayak Kutai Timur, Indra Bengeh SH M HUM di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi. Harpandi SE terpilih sebagai Ketua DAD cabang Kutai Timur.

Bupati Kutim Ir H Ismunandar MT ikut menyaksikan pelantikan pengurus DAD Kutim bersama Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM. Dalam kesempatan tersebut, Ismunandar mengatakan berdirinya DAD Kutim, semakin membuat kompak antara pemerintah dan warga Dayak di Kutim. Dalam menjalin kekerabatan untuk membangun Kabupaten Kutim, lebih maju dengan semangat kebersamaan.

“Saya bersama Wabup Kutim, telah banyak diamanahi, pejabat eselon II sudah banyak warga Dayak, eselon III juga sudah banyak, begitu juga untuk jabatan Camat. Ini menunjukan bahwa apresiasi kita dengan sesama warga Kutim sangat besar,” ujar Ismunandar.

Jika kebudayaan dan adat istiadat ini terus dijalankan, maka pada saat festival HUT Kutim, bisa menampilkan kesenian adat Dayak. Jadi ada satu session khusus kesenian Dayak. “Karena jika kita lihat sambung menyambung mulai hulu sampai dengan hilir , dari pesisir hingga pedalaman sehari semalam tidak akan seslesai-selesai,” ungkap Ismunandar.

Senada, Ketua Adat Dayak Kalimntan Timur DR Edi Gunawan Areq Lung, MA, M Th, mengatakanbahwa keberadaan dewan adat ini adalah bagian dari majelis adat nasional, yang mana badan hukum majelis adat nasional sudah terdaftar di PBB yang mengayomi semua dewan adat Provinsi, kabupaten sampai ke kecamatan.

Dengan kehadirannya dewan adat di Provinsi Kalimantan Timur adalah bagian dari turunan majelis adat nasional yang melantik DAD yang ada di kabupaten, kota dan kecamatan. Kehadiran DAD ini bukan menyisihkan dan mengambil alih daripada lembaga adat yang ada di desa-desa, kabupaten dan kota, melainkan untuk melengkapi untuk mengayomi,” jelasnya.(advertorial/Kominfo Perstik Kutim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *