Upacara Hari Bharma Samudera untuk Kenang Peristiwa Arafuru

IMG 20190118 WA0013
IMG 20190118 WA0013
Letkol Laut (P) Binsar Alfret S. Sitorus saat membacakan amanat Kasal Laksaman TNI Siwi Sukma Adji

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2019 digelar dengan upacara yang dipimpin Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Binsar Alfret S. Sitorus, S.E, Selasa (15/1/2019) lalu.

Di hadapan para peserta upacara yang melibatkan jajaran Lanal Sangatta, pelajar SMKN II Pelayaran dan Pasukan Saka Bahari, Binsar mengajak untuk mengenang peristiwa di laut Arafuru, Irian Barat, beberapa tahun lalu. Dan meneladani semangat juang para pendahulu yang memiliki sikap kesatria, rela berkorban dan tak pernah gentar menghadapi musuh, dalam mempertahankan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

IMG 20190118 WA0012
Foto bersama usai upacara bharma samudra

“Nilai-nilai kejuangan tersebut harus diwarisi oleh seluruh Prajurit TNI Angkatan Laut, agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan,” kata Binsar, membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh era globalisasi, tantangan TNI AL sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan negara menjadi semakin kompleks. “Namun selaku pemimpin TNI AL, saya percaya dan yakin bahwa sikap dan jiwa patriotisme prajurit matra laut akan terus tetap terjaga, untuk mempertahankan tegaknya NKRI,” ujar Binsar.

Peringatan Hari Dharma Samudera, kata Binsar, menekankan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu. Hal tersebut sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan TNI AL yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *