Kutai Timur

Dukung KLA, Ismunandar Lantik Forum Anak dan Puspa Kutim

SANGATTA – Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT melantik Forum Anak Kabupaten Kutai Timur dan Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kutim, Rabu (7/11/2018).

Kedua organisasi tersebut untuk mendukung agar Kabupaten Kutai Timur menuju Kabupaten Layak Anak (KLA). “Kita sudah buat Perda Kawasan tanpa rokok. Pernah dikeluarkan SK jam belajar bagi siswa dari pukul 19.00-21.00. Tapi dianggap tidak sesuai HAM. Padahal itu bisa jadi dasar sanksi bagi anak-anak yang kebut-kebutan di sepanjang jalan Yos Sudarso,” kata Ismunandar.

Selain, upaya pemerintah melarang peredaran minuman keras dengan tidak memberi izin edar dan penindakan tegas terhadap penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang.

Sebelumnya, Kepala Badan Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Kutim Dr Aisyah M Kes mengatakan, forum anak dibentuk untuk menjadi pelapor atau real counselor rekannya. Mulai karakter, lalu lingkungan asuhan, kesehatan, pendidikan, hingga tidak kekerasan anak.

Sedangkan Forum Puspa yang beranggotakan partisipan publik. Ada lembaga swadaya masyarakat, dari beragam profesi, termasuk awak media. “Mereka (Forum Puspa) juga akan fokus ke perlindungan perempuan seperti kekerasan perempuan, trafficking hingga prostitusi,” kata Aisyah.(*)

Comment here