SANGATTA – Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kutai Timur masih terus berlangsung. Sejak dibuka pada 8 November lalu, hingga Sabtu 10 November, sudah lebih 1.200 pendaftar yang mengikuti tes kemampuan dasar (TKD).

“Hari, pertama kita lakukan tes hingga empat sesi. Dari 400 pendaftar, yang hadir 393. Hari kedua juga begitu, karena Jumat, kita hanya bisa melakukan empat sesi. Sabtunya, kita lakukan lima sesi. Dari 500 hanya 438 pendaftar yang ikut tes. Semua sekitar 1.200 peserta,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim, Zainuddin Aspan.

Namun dari pantauan hasil kelulusan yang dapat dilihat di layar televisi, kata Zainuddin, hanya 25 peserta saja yang lolos passing grade. Dengan komposisi nilai minimal, 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 80 untuk Tes Intelegensia dan Umum (TIU) dan 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seperti diketahui, BKN RI memberi porsi 243 formasi untuk Pemkab Kutim, dari 300 formasi yang diusulkan. Dari ratusan formasi tersebut, sekitar 3.884 pelamar mendaftarkan diri melalui pendaftaran online. Namun, setelah dilakukan seleksi berkas, hanya 3.428 pelamar bisa mengikuti tes. Sisanya, sebanyak 446 pelamar, tidak lolos administrasi dan seleksi berkas.(*)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!