SANGATTA – Pemkab Kutai Timur kembali mendapat ganjaran atas prestasinya dalam bidang pengelolaan keuangan. Kementerian Keuangan memberi penghargaan terhadap raiah Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017. Dengan diterimanya penghargaan ini, Pemkab Kutim sudah menerima tiga kali penghargaan yang sama dari Kementerian Keuangan RI.

Sertifikat penghargaan WTP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Akutansi dan Pelaporan Keuangan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kaltim, Muksin, pada Bupati Kutai Timur, Ir H Ismunandar MT , yang didampingi Wakil Bupati, H Kasmidi Bulang ST MM, Kamis (18/10/2018).

Ismunandar mengatakan, meski sudah kali ketiga, Opini WTP jangan hanya sekedar penghargaan dalam pelaporan keuangan . Tapi, dalam penyelenggaran keuangan secara nyata diharapkan dapat berjalan sama seperti prestasi yang diraih.

Penghargaan WTP yang diterima Kabupaten Kutai Timur, menurut Muksin, sebagai wujud penilaian prestisius, atas cerminan kewajaran informasi dan laporan keuangan yang diberikan Kementerian Keuangan. Hal ini, mengindikasikan pengelolaan keuangan Kutai Timur telah memenuhi ketentuan dalam Undang-Undang, tentang keuangan negara. Namun WTP bukan tujuan akhir dalam pengelolaan keuangan.

“Pemerintah daerah harus tetap mempertahankan kualitas laporan keuangan. WTP tidak menjamin terbebas dari permasalahan hukum. Karena audit tidak dilakukan menyeluruh, namun dengan mekanisme sample,” kata Muksin.(*)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!