Kelompok Tani di Tiga Kecamatan Mendapat Bantuan 10 Tom Bibit Bawang Merah

IMG 20231202 WA0028

Rumahkaryabersama.com. Kelompok Tani di Tiga Kecamatan Mendapat Bantuan 10 Tom Bibit Bawang Merah – Sebanyak 10 ton bibit bawang merah diberikan kepada tujuh kelompok tani (Poktan) yang berasal dari tiga kecamatan yakni Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Rantau Pulung. Bantuan tersebut merupakan bagian dari program Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutim

Pemberian bibit ini secara simbolis diberikan oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman didampingi Kepala DTPHP Kutim dyah Ratnaningrum kepada perwakilan Poktan yang berlangsung di desa Singa Geweh Kecamatan Sangatta Selatan pada Minggu (05/11/2023). Pagi.

Bacaan Lainnya

Kepala DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum mengatakan, pemberian bibit bawang merah berjenis Biru Lancur dan Bima Brebes ini merupakan tindak lanjut dari upaya pengembangan komoditi dengan nama latin Allium cepa yang akan di lakukan di beberapa wilayah yang ada di Kutim.

“Kemarin kan kita sudah mencoba tanam di beberapa lahan milik Poktan dan alhamdulillah berhasil, nah ternyata para petani lain juga antusias untuk mengembangkan bawang merah, makanya kita berikan lagi,” ujarnya.

Lebih jauh, pengembangan awal bawang merah yang dilakukan sejak tahun 2022 lalu yang turut di bantu oleh pihak perusahaan PT KPC di dua lokasi yakni lahan milik Poktan Adem Ayem dan Prima Tani, menurut Dyah (biasa ia disapa) ternyata membuahkan hasil yang memuaskan, hal itu terbukti dari hasil panen yang cukup melimpah didapatkan oleh para petani.

Kelompok Tani di Tiga Kecamatan Mendapat Bantuan 10 Tom Bibit Bawang Merah

“Awalnya mereka (petani) pesimis, karena penanganan komoditas ini (bawang merah) katanya sulit, ya sudah kita coba dulu aja, dan Alhamdulillah ternyata hasilnya bagus,” ujarnya.

Berkaitan dengan bantuan benih Bawang Merah yang bersumber dari APBD dan APBN ini, dirinya menyebut, akan di aplikasikan di lahan seluas 15 hektare di lahan milik tujuh kelompok tani yang ada di tiga Kecamatan yakni Poktan Adem Ayem, Hasil Makmur, Bumi Makmur, Rawa Tani Jaya, Lestari Mandiri Jaya, Subur Abadi, serta Tani Prima.

“jadi untuk tanaman ini (bawang merah) sebenarnya tidak ada perlakukan khusus, layaknya tanaman pada umumnya,”pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *