Pentingnya Kader Dasa Wisma di Setiap Wilayah

IMG 20230809 WA0003

SANGATTA. Pentingnya Kader Dasa Wisma di Setiap Wilayah – Dasa wisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK mempunyai peran strategis untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Karenanya, dasawisma di harapkan menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah karena sebagai mitra.

Ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan melalui dasawisma, di antaranya Melaksanakan kegiatan kerja bakti Mengadakan lomba mengambil jentik sehingga dapat mengantisipasi munculnya penyakit demam berdarah. Mengupdate data di setiap kepala keluarga Usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (KB).

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan Pembinaan Dasa Wisma dan Supervisi, Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan (SMEP) di Desa Persiapan Jabdan, Kecamatan Muara Wahau beberapa hari yang lalu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Ny Siti Robiah Sulaiman menekankan pentingnya peran dasa wisma dalam mendukung pelaksanaan program-program gerakan kemasyarakatan selain itu dasa wisma memiliki peran vital sebagai wadah kegiatan untuk mendorong pelaksanaan program-program tersebut.

“Nah salah satunya dengan membuat program atau kegiatan yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan begitu keberadaan dasawisma PKK ini akan mempermudah koordinasi dan jaringan. Sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK bisa berjalan secara tepat sasaran,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa PKK tidak memiliki sumber daya anggaran yang langsung teralokasikan ke dalam organisasi, yang telah ada sejak tahun 1967. Oleh karena itu, ia mendorong seluruh pengurus PKK untuk berinovasi dalam merancang program-program yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Salah satu cara yang disarankan adalah dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait (stakeholder).

Pentingnya Kader Dasa Wisma di Setiap Wilayah

Dikatakan , Contoh konkret dari kolaborasi ini adalah turun langsung ke lapangan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Melalui penyuluhan ini, PKK dapat mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan menjadikannya dasar untuk merancang program-program yang relevan, baik di tingkat desa maupun kecamatan.

“Peran PKK di sini diharapkan mampu menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis dan ingin mengubah keadaan kepada yang lebih maju lagi. Seperti misalnya upaya peningkatan kesejahteraan keluarga,” imbuhnya.

Kegiatan Pembinaan Dasa Wisma dan SMEP kali ini bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMPDes) Kutai Timur. Kegiatan ini menargetkan tiga desa, yaitu Desa Persiapan Jabdan (Muara Wahau), Miau Baru (Kongbeng), dan Desa Muara Pantun (Telen).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *