Kasmidi Bulang Serahkan 169 Unit Bantuan Mesin Ketinting Kepada Kelompok Nelayan

Kasmidi Bulang Serahkan 169 Unit Bantuan Mesin Ketinting Kepada Kelompok Nelayan
Wabup Kasmidi didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Suriansyah, Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah menyerahkan bantuan mesin dan has ketinting kepada kelompok nelayan

SANGATTA, Kasmidi Bulang Serahkan 169 Unit Bantuan Mesin Ketinting Kepada Kelompok Nelayan – Pemkab Kutai Timur (Kutim) kembali menyalurkan bantuan perlindungan sosial untuk para nelayan, hal tersebut merupakan salah satu program penanganan kenaikan Bahan Bakar Minyak serta inflasi

Sebanyak 15 kelompok nelayan diberikan bantuan mesin ketinting 15 pk oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) yang tersebar di tujuh kecamatan yang berjumlah berjumlah 169 unit.

Didampingi Kepala DKP Suriansyah, Wakil Bupati Kasmidi Bulang secara simbolis menyerahkan bantuan mesin ketinting tersebut, yang disaksikan oleh Camat Sangatta Utara Hasdiah, Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah dan Ketua KTNA Kutim Suherman. penyerahan bantuan berlangsung di halaman Kantor DKP Kutim, Selasa (15/11/2022),

Pemberian bantuan mesin untuk para nelayan, berdasarkan instruksi presiden terkait penanggulangan inflasi daerah. Hal tersebut dikemukakan Wabup Kasmidi Bulang.

Selain itu Kasmidi juga menjelaskan bahwa instruksi presiden tersebut memerintahkan agar mengalokasikan sebanyak dua persen dari APBD dialokasikan untuk bantuan kepada masyarakat, salah satunya bantuan untuk para nelayan.

“Dengan bantuan ini kita berharap, produksi tangkapan ikan para nelayan bisa terus meningkat. Penerima bantuan ini juga legitimasinya harus jelas yaitu kelompok nelayannya harus terdaftar dan belum pernah dapat bantuan, hal ini yang menjadi dasar ketentuannya ” Jelas Kasmidi

Dirinya juga mengemukakan, bahwa program penanganan dampak inflasi atas kenaikan BBM tersebar di beberapa instansi.

“Jadi selain bantuan mesin dari DKP, pemerintah daerah juga memberikan berupa bantuan sembako murah dari Disperindag, Kemudian juga ada di Dinas Sosial dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT)” Ujar Kasmidi

Adapun dinas lain yang juga memberikan bantuan yang disampaikan Kasmidi, Dinas Pertanian berupa bantuan bibit untuk para petani, Dinas Koperasi UKM ada bantuan untuk koperasi, Dinas Perhubungan berupa bantuan subsidi transportasi bagi para penjual untuk mengangkut barangnya.

“Karena juknis program ini sudah jelas, maka semua ini bagian yang diperbolehkan ” Pungkas Kasmidi.

Kasmidi Bulang Serahkan 169 Unit Bantuan Mesin Ketinting Kepada Kelompok Nelayan
Para kelompok nelayan mengabadikn moment usaia menerima bantuan dari Pemkab Kutim

Kasmidi Bulang Serahkan 169 Unit Bantuan Mesin Ketinting Kepada Kelompok Nelayan

Kepala DKP Kutim Suriansyah dihadapan Wabup Kasmidi, Camat, Ketua KTNA dan Para Nelayan penerima bantuan mengungkapkan, ada 15 kelompok nelayan yang menerima bantuan dan tersebar di Enam Kecamatan dan ada Kelompok Nelayan ada di 11 Desa

Adapun di Kecamatan Sangatta Utara Kelompok Nelayan Kuda Laut dari Desa Sangatta Utara mendapat 10 unit.

Kecamatan Sangatta Selatan dari Desa Sangkima penerimanya adalah Kelompok Nelayan Muara Tabuan 11 unit Kelompok Nelayan Bintang Laut 11 unit dan Kelompok Usaha Bersama Mutiara Laut dari Desa Teluk Sangkima sebanyak 12 unit. 

Kecamatan Bengalon Kelompok Nelayan Sipatuo dari Desa Muara Bengalon menerima 11 unit

Kecamatan Sangkulirang, yang menerima mesin ketinting masing-masing sebanyak 10 unit adalah Kelompok Nelayan Setia Kawan, Kelompok nelayan lobster dari Desa Krayaan, kemudian kelompok nelayan Barokah dari Desa Pulau Miang dan kelompok nelayan Mangrove Indah dari Desa Benua Baru Ulu.

Kecamatan Sandaran dari Desa Manubar yaitu Kelompok Nelayan Kerapu Manubar dan Lumba-lumba Manubar masing-masing sebanyak 11 unit dan Kelompok Barakuda Manubar sebanyak 13 unit. 

Sedangkan untuk Kecamatan Muara Bengkal, yaitu, Kelompok Nelayan Danau Kepa dari Desa Benua Baru 11 unit, Kelompok nelayan Titian Bungur dari Desa Persiapan Parianu sebanyak 14 unit. 

“Adapun yang terakhir Kelompok Nelayan Good Serkit Mandiri dari Desa Kelingan Ilir mendapatkan 10 unit,” Ungkap Suriansyah (Rb.01,03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *