SD 004 Pulau Miang Masih Kekurangan Guru Agama  

IMG 20220622 WA0013

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGKULIRANG. SD 004 Pulau Miang Masih Kekurangan Guru Agama  – Sekolah tanpa adanya guru tidak akan berjalan secara maksimal, karena guru merupakan salah satu penunjang dalam peningkatan mutu pendidikan. Seorang guru harus mempunyai sikap dan perilaku yang baik karena dapat ditiru oleh peserta didiknya. Guru mempunyai tugas, dan fungsi yaitu sebagai mediator, fasilitator, motivator, pendidik, pengajar yang merupakan tenaga pengajar yang mempunyai tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung dikelas, guru memilki kewajiban mengajar juga merupakan profesi dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan.

Ketersedian guru sangat penting dalam dunia pendidikan, namun masih ada ditemukan sekolah yang mengalami kekurangan guru pengajar seperti yang terdapat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004 Pulau Miang, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Laporan tersebut didapatkan setelah Dinas Pendidikan Kutim melalui Kabid Dikdas, Uud Sudiharjo mewakili Kepala Disdik Kutim Irma Yuwinda melakukan kunjungan kerjanya ke SDN 004 Pulau Miang, Kecamatan Sangkulirang, Selasa (21/06/2022) kemarin.

“Berdasarkan dari laporan kepala sekolah dan guru SDN 004, untuk guru agama belum ada tersedia dan guru kelas masih kekurangan 3 (tiga) orang. Namun Alhamdulillah ada beberapa guru di SDN 004 yang kemarin telah lulus PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), terkait yang belum tersedia tersebut wajib kita penuhi untuk pelayanan pendidikan di sekolah ini,” ucap Kabid Dikdas, Uud Sudiharjo.

SD 004 Pulau Miang Masih Kekurangan Guru Agama

SD 004 Pulau Miang Masih Kekurangan Guru Agama  

Untuk itu Disdik Kutim akan melakukan pemetaan ke beberapa sekolah dasar yang ada di sekitar Kecamatan Sangkulirang untuk memenuhi ketersedian guru di SDN 004 tersebut. Karena untuk saat ini berdasarkan kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat tidak ada lagi pengangkatan baru untuk guru honor atau Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D).

“Tentunya ini akan menjadi bahan kita untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Karena tidak mungkin disatu sekolah itu terdapat kekurangan guru, apalagi guru agama. Pastinya ini harus kita lengkapi untuk formasi tersebut,” imbuhnya.

Sementara Kepala Sekolah SDN 004 Pulau Miang, Abdullah S mengungkapkan bahwa untuk saat ini jumlah guru yang ada adalah sebanyak 11 guru pengajar dengan jumlah murid sebanyak 89 siswa.

“Kami saat ini masih kekurangan empat guru, yakni satu guru agama, dan tiga guru kelas. Kami berharap ketersedian guru ini bisa secepatnya terisi karena pemerintah telah mencanangkan merdeka belajar dan juga Pulau Miang ini merupakan alah satu destinasi wisata di Kabupaten Kutim, setiap orang datang kesini naik ke daratan dan pasti melihat sekolah ini. Jika tidak kita benahi, akan berdampak dengan penilaian orang terhadap kita. Dengan datangnya perwakilan Disdik Kutim, hari ini menjadi momen kita untuk menyampaikan apa yang dapat dibantu secepatnya untuk sekolah kami,” harapnya (Adv/disdik/Rb.03,05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.