BeritaInfrastrukturInvestasiKalimantan TimurKutai TimurNasional

Pembangunan IKN Dimulai, Ditandai Dengan Penyatuan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di Titik Nol

Pembangunan IKN Dimulai, Ditandai Dengan Penyatuan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di Titik Nol
Presiden RI didampingi Gubernur Kaltim sedang melakukan prosesi penyatuan tanah dan air di lokasi IKN Nusantara 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, KALTIM – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) memimpin prosesi penyatuan tanah dan air di titik nol kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pada hari ini Senin 14 Maret 2022, kita hadir bersama-sama di sini, dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan segera kita mulai, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara,” kata Presiden RI Joko Widodo saat memberi arahan singkat usai menerima penyatuan tanah dan air di titik nol kilometer IKN, Senin (14/3/2022).

Presiden mengatakan, dirinya hadir bersama 34 gubernur dari 34 provinsi di Indonesia dan 15 tokoh Kaltim.

“Tanah dan air yang dibawa dan sudah dimasukkan dalam Bejana Nusantara merupakan bentuk kebhinekaan kita dan persatuan kita dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini,” lanjut Presiden Joko Widodo di tengah terik matahari.

Kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, TNI, Polri, swasta dan masyarakat mendukung pembangunan IKN akan sangat membantu agar apa yang dicita-citakan segera terwujud.

“Semoga hidayah dan berkah dari Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran bagi kita dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini,” kata Presiden.

Pembangunan IKN Dimulai, Ditandai Dengan Penyatuan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di Titik Nol
Proses penyatuan tanaha di lokasi IKN

Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan untuk sukses rencana pemindahan IKN ini, tanpa terkecuali.

Kedatangan Presiden Joko Widodo dan ibu negara Hj Iriana Joko Widodo disambut dengan ritual adat oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sultan Adji Muhammad Arifin.

Dilanjutkan dengan penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi yang diberikan oleh para gubernur langsung kepada Presiden Joko Widodo.

Dimulai dari tanah dan air DKI Jakarta, dilanjut Aceh, Papua, DI Yogyakarta, Sumatra Utara, Papua Barat, Jawa Tengah, Sumatra Barat, Maluku Utara, Jawa Timur, Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Banten, Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Jambi, Sulawesi Barat, NTB, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, NTT, Bengkulu, Gorontalo, Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan ditutup tanah dan air Kalimantan Timur yang diserahkan langsung Gubernur Isran Noor.

Hadir mendampingi Presiden Joko Widodo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erik Tohir dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. (*/RB05R).

Comment here