Peringati HAB ke 76 Tahun 2022, Kemenag Kutim Gelar Upacara

IMG 20220103 WA0003

RUMAHKARYABERSAMA.COM SANGATTA – Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) merupakan peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama. Peringatan HAB Kemenag yang selalu dilaksanakan pada tanggal 3 Januari, merefleksikan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

Dalam rangka memperingati HAB ke 76 tahun 2022 Kemenag Sangatta gelar Upacara Peringatan HAB Kemenag RI ke-76 pada Senin, 3 Januari 2021 di halaman Kantor Kemenag, Sangatta.

Suasana khidmat mengiringi pelaksanaan Upacara peringatan HAB ke 76, Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Kutai Timur Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si dan diikuti oleh seluruh jajaran pegawai di lingkungan Kemenag Sangatta, dan di hadiri Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

IMG 20220103 WA0005

Bupati Kutim, H. Ardiansyah Sulaiman membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Dalam sambutan tersebut, Beliau menyampaikan bahwa sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” sebutnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

“Kita semua memahami, prestasi yang telah dicapai oleh Kemenag, merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kemenag serta saudara sekalian. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai ASN Kemenag yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kemenag,” Ucap Menteri Agama, yang disampaikan Ardiansayh.

 

IMG 20220103 WA0001

Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

Usai gelar upacara peringatan HAB ke 76 Kemenag RI, Bupati Kutim Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si di dampingi Kepala Kemenag Kutim Drs H Nasrun MH., berikan penganugrahan tanda kehormatan styalencana karya satya dari Presiden RI Ir. H Joko Widodo., kepada 20 ASN di lingkup Kemenag Kutai Timur. Serta pemberian penghargaan-penghargaan lainnya dan penandatanganan prasasti Kantor Urusan Agama di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Long Mesangat, Kongbeng dan Rantau Pulung. (Rb.05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.