BeritaBerita PilihanKalimantan TimurKesehatanKutai Timur

Kutim Ikut Lomba Posyandu, PHBS dan LBS, Tingkat Provinsi Kaltim

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kutai Timur kembali ikuti Lomba Posyandu, Lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Selasa (30/11/2021), Tim penilai dan verifikasi dari Provinsi Kaltim yang terdiri dari Pengurus PKK Prov. Kaltim, Dinas Kesehatan Kaltim dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Prov. Kaltim melakukan kunjungan ke Kutai Timur untuk melakukan penilaian.

Penilaian dilakukan di dua kecamatan , untuk lomba Posyandu dan PHBS dilaksanakan di Kecamatan Sangatta Selatan; sedangkan untuk lomba LBS dilaksanakan di Kecamatan Rantau Pulung.

Turut hadir dalam penilaian Posyandu dan PHBS di Kecamatan Sangatta Selatan Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Hj Siti Robiah didampingi Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Kutai Timur Hj Tirah Satriani; Camat Sangatta Selatan, Vita Nur Hasanah; Kades Sangatta Selatan, Kepala Dinas Kesehatan, dr Bahrani Hasanal; Kepala DPMDes Kutim, Yuriansyah; para anggota TP. PKK Kabupaten dan Kecamatan Sangatta Selatan.

“Kegiatan penilaian dari provinsi akan dilakukan di dua kecamatan yaitu, untuk lomba Posyandu dan PHBS berada di Kecamatan Sangatta Selatan, sedangkan untuk lomba LBS ada di Kecamatan Rantau Pulung,” kata Ketua PKK Kutim Hj Siti Robiah

Sebelumnya TP PKK Kabupaten Kutim telah menyerahkan laporan mengenai Posyandu ,PHBS dan LBS Ke Provinsi untuk verifikasi awal.

“Hari ini tim penilaian provinsi datang untuk melakukan verifikasi langsung ke lapangan sebagai uji kebenaran atas apa yang telah di laporkan sebelumya apakah sesuai atau tidak,” pungkasnya.

Dalam kesempatannya Ketua PKK Kutim yang juga isteri dari orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut berharap dalam lomba ini Kutim bisa masuk untuk menjadi juara.

“Yang namanya perlombaan pasti semua peserta ingin jadi pemenangnya, terlepas dari itu yang harus kita jaga adalah selalu tingkatkan dan terus biasakan untuk galakan pola hidup bersih dan sehat dilingkungan masing-masing,” pintanya.

Dengan terus menerus menjaga diri dan lingkungan tetap bersih dan sehat tentunya itu akan dapat menjadikan kehidupan kita maupun lingkungan kita lebih sehat dan jauh lebih baik.

“Selain itu, untuk meningkatnya kualitas Posyandu dan juga kualitas PHBS yang ada maka akan tercipta kehidupan yang sehat, ceria dan bahagia bagi keluarga kita, lingkungan sekitar kita dan tentunya akan menjadikan kehidupan keluarga kita semakin lebih baik dan harmonis dalam menjalani kehidupan-kehidupan,” imbuhnya.

Senada Wakil Ketua PKK Kabupaten Kutim Hj Tirah Satriani menambahkan bahwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi berbagi informasi sehingga Kecamatan Sangata Selatan dan Kecamatan Rantau Pulung masuk dalam nominasi 3 besar kabupaten/kota .

“Kerja sama, komunikasi, serta penyampaian informasi yang baik, bisa menjadikan Kecamatan Sangata Selatan dan Kecamatan Rantau Pulung mendapat kunjungan dari Tim verifikasi lapangan dan meninjau langsung ke lokasi sebagai bahan perbandingan kabupaten/kota yang lain,” ucapnya.

Mohon doa kita semua agar Kecamatan Sangata Selatan dan Kec Rantau Pulung bisa menjadi juara Posyandu, PHBS, dan LBS (Adv/Diskominfoperstik/Rb.05R)

Comment here