Dekranasda Kutim Menjadi Ujung Tombak Dalam Mengangkat Produk – Produk Olahan Masyarakat

FF0F86B5 DBE6 4DB9 ABF0 6443004F3E45

RUMAHKARYABERSAMA. COM, SANGATTA – Dalam upaya membantu menumbuh kembangkan industri kerajinan dan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal, yaitu dengan cara membangun kesadaran masyarakat untuk membeli produk lokal.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah menjadi ujung tombak dalam mempromosikan industri kerajinan dan produk lokal di daerah. Oleh sebab itu Dekranasda dan pengurus Kab Kutim dilantik oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kutai Timur Ny. Hj. Siti Robiah Ardiansyah di Hotel Victoria, Rabu (30/06/21). Pelantikan Dekranasda berdasarkan SK Dekranasda Kutim Nomor : 15/DEKRAN.KALTIM/SK tanggal 14 Juni 2021 tentang Pengangkatan Pengesahan Pengurus Dekranasda Kabupaten Kutai Timur.

20491144 F16F 4731 9AA7 46877905E0FDPelantikan Dekranasda dihadiri Bupati Kutim Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M. Si, Wabup Dr. H. Kasmidi Bulang ST.MM, Sekda Dr. Drs. H. Irawansyah, M.Si, Ketua Dekranasda Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor, Forkopimda Kutim, Perwakilan OPD dan stakeholder lainnya.

Ketua Dekranasda Kaltim Hj Norbaiti menyampaikan dalam sambutanya bahwa
“Tantangan Dekranasda Kaltim kedepan cukup berat sehingga diharapkan Dekranasda Kabupaten mampu menggali dan mengembangkan produk kerajinan agar lebih kreatif dan inovatif,” jelas Norbaiti.

BE51E620 CEBE 4240 A253 2032447EF3F7Dikatakannya Dekranasda Kaltim mempunyai tiga fokus kerja yaitu membina pengrajin tenun, membina pembuat anyaman dan mengembangkan UKM makanan. Apabila tiga hal tersebut dikembangkan akan menjadi banyak produk unggulan di Kaltim.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman menyampaikan dari konfigurasi kepengurusan yang baru dilantik tadi semua lini ada. Dirinya mengharapkan nantinya pengurus ini bisa membantu Dekranasda Kutim untuk lebih dikenal di masyarakat dan mampu masuk dan bersaing di pasar lokal, regional maupun internasional.

“kita harapkan Dekranasda Kutim mampu mengangkat produk – produk olahan dari masyarakat yang mampu bersaing ditingkat lokal, regional bahkan melaju ke tingkat nasional,” kata Ardiansyah

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan UMKM wajib didorong dan dibantu, tidak hanya dari sisi pembiayaan tapi juga dari sisi kualitas agar dapat lebih ditingkatkan. Dan Bupati juga berharap Dekranasda dapat lebih memberikan peluang kepada pelaku usaha dan pengrajin untuk lebih berproduksi.

“Berproduksi paling tidak memberikan nilai ekonomi bagi keluarga maupun kelompok, sehingga memberikan dampak secara mikro maupun makro ekonomi terhadap pengembangan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi Daerah, Provinsi maupun Negara,” harap Ardiansyah (Rb.01.03.05A)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *