BeritaBerita PilihanKutai TimurPolitik

Aleg DPRD Kab Kutim : Desa Yang Mempunyai Lebih Dari Lima Calon, Akan Dilakukan Seleksi Khusus 

Foto Istimewa

RUMAHKARYABERSAM. COM, Sangatta – Bakal calon kepala desa yang lebih dari lima orang disetiap desa di Kutai Timur harus mengikuti ujian untuk menentukan lanjut tidaknya mereka bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa secara serentak yang akan digelar Oktober 2021.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Kutim, Siang Geah usai mengikuti rapat koordinasi bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) atau Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di ruang hearing Sekretariat DPRD Kutim, Bukit Pelangi, Senin (31/5/21).

Siang Geah, menjelaskan dalam ketentuan yang mengatur penyelenggaraan Pilkades baik Permendagri maupun petunjuk teknis pelaksanannya, calon kades batasnya lima orang. Meskipun demikian, perbub terkait teknis pelaksnaan Pilakdes masih perlu dikaji.

“Kalau lebih dari lima orang berarti harus dilakukan seleksi khusus, test wawasan kebangsaan dan lainnya. Saya kira dari hasil itu lah nanti yang akan menghasilkan lima calon desa,” jelasnya.

Sementara, kata dia, Pilakdes yang hanya memiliki calon tunggal bakal ditunda. “Desa yang cuma memiliki satu calon ditunda pelaksanaanya,” Tutupnya. (Advetorial/RB.05*).

Comment here