Plt Bupati Kasmidi Bulang Resmikan Program Hibah Air Minum

1A7DB839 FA8C 40C0 BE03 EB4318034002

RUMAHKARYABERSAMA.COM, RANTAU PULUNG – Tiga desa di Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur mendapat program hibah air minum penerima manfaat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program hibah tersebut kini sudah bisa dinikmati 99 Kepala Keluarga di tiga desa tersebut

7173D87D 1F5F 4CB8 B08F 1A27D8996564Plt Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST MM didampingi Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur, meresmikan penggunaan program air bersih tersebut melalui kegiatan uji petik di di Desa Mukti Jaya, Kecamatan Rantau Pulung, Senin (21/9/2020).

FE984A1E 4F33 4972 A054 D77A74588AC6Plt Bupati Kasmidi Bulang mengatakan penyediaan air bersih merupakan satu di antara program pokok Pemkab Kutai Timur. Karena merupakan kebutuhan dasar masyarakat, selain listrik. Dengan adanya program hibah yang didanai APBN, tentu meringankan beban pemerintah daerah dalam mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Terima kasih, dengan program ini, ada 99 kepala keluarga yang terlayani program hibah ini. Tentunya 99 warga berpenghasilan rendah yang ada di tiga desa di Kecamatan Rantau Pulung, bisa terbantu. Semoga ke depan bisa lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu,” kata Kasmidi Bulang.

Sebelumnya, Dirut PDAM Kutai Timur, Suparjan mengatakan pihaknya mengusulkan program hibah air minum perkotaan yang bersumber dari dana APBN tahun 2020. Pelaksanaan penyambungan dilakukan oleh PDAM Kutim.

“Ada 99 kepala keluarga yang mengikuti program ini. Terdiri dari, 42 KK di Desa Masalap Raya, 47 KK di Desa Mukti jaya dan 10 KK di desa Rantau Makmur,” ungkap Suparjan.

Saat ini, kata Suparjan, Kecamatan Rantau Pulung memiliki Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan kapasitas IPA terpasang sebesar 5 liter per detik dan kapasitas realisasi 4,64 liter per detik serta kapasitas menganggur 0,36 liter per detik.

Untuk Kecamatan Rantau Pulung pada 2021 mendatang, PDAM Kutim berencana membangun IPA dengan kapasitas 20 liter per detik melalui sumber anggaran PDAM. Selain kembali mengusulkan hibah air minum melalui PDAM untu 30 KK MBR. Serta pengembangan jaringan perpipaan.

Selain di Rantau Pulung, Plt Bupati Kasmidi Bulang juga melakukan peninjauan pemasangan sambungan rumah regular dan uji petik air di Kecamatan Sangkulirang.

Di Sangkulirang, air bersih dibantu melalui IPA PDAM unit Kaliorang yang disalurkan menggunakan booster KEK Maloy di Desa Bumi Sejahtera dan dipompa menuju Kecamatan Sangkulirang. Dari aliran tersebut, sudah ada 70 KK di ibukota Kecamatan Sangkulirang yang menikmati air bersih.

“Alhamdulillah, sekarang warga Kecamatan Sangkulirang sudah bisa menikmati air bersih. Melalui sambungan pipa sepanjang 20 meter dari IPA PDAM Kaliorang. Dengan ini, seluruh kecamatan di Kutai Timur sudah terjangkau air bersih produksi PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur. Perlahan namun pasti, pemenuhan kebutuhan air bersih di Kutim, akan menjangkau seluruh desa,” ungkap Kasmidi.(rb01/02/03/04/07)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *