Diseminasi Teknologi, Kasmidi Bulang Tanam Padi Sawah di Desa Sangkima

346C7321 D26B 4579 B3A2 96DE3E5BB645

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Plt Bupati Kutai Timur, H Kasmidi Bulang ST MM kembali turun ke sawah, Rabu (12/8/2020). Didampingi para pejabat di lingkungan Pemkab Kutim, ia melakukan penanaman padi dan pemberian pupuk NPK produksi PT Petrokimia Gresik di areal persawahan milik Gapoktan Guntung Sejahtera di Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan.

7942D562 7EC3 4405 BDA6 0A216ACCE0E6Apa yang dilakukan adalah bagian dari kegiatan Diseminasi Teknologi Kaji Terap Padi Sawah di Kecamatan Sangatta Selatan. Gapoktan Guntung Sejahtera, tengah mengembangkan areal persawahan di Desa Sangkima dengan penanaman padi sawah seluas 256 hektar.

“Potensi persawahan di Kecamatan Sangatta Selatan, mencapai 1.500 hektar. Belum dimanfaatkan semua, karena sebagian masih terbentur dengan status kawasan Taman Nasional Kutai (TNK). Semoga ke depan, bisa menjadi areal persawahan untuk menjaga pasokan pangan, minimal bagi masyarakat Sangatta Selatan. Tentunya dengan konsep pertanian modern menggunakan peralatan yang tepat guna,” kata Kadis Pertanian Sugiyono.

Senada, Kasmidi Bulang mengatakan potensi persawahan di beberapa wilayah Kutai Timur, sangat besar. Beberapa kecamatan tengah memaksimalkan pemanfaatan hutan dan lahan untuk bertani. Desa Miau Baru salah satunya. Kelompok tani setempat memanfaatkan lahan yang tadinya terbengkalai, menjadi lahan persawahan. Mereka memanfaatkan peralatan tani modern untuk memanen padi sawah seluas 315 hektar.

“Sangatta Selatan memiliki potensi yang sama besarnya. Semoga ke depan juga bisa menghasilkan beras sendiri dan swasembada,” ungkap Kasmidi.

Ia pun meminta Kadis Pertanian bersama para PPL di Sangatta Selatan dan Sangatta Utara, menggali data lahan-lahan yang berpotensi untuk pertanian. Sekaligus mengusulkan kebutuhan peralatan modern untuk menunjang hasil panen yang lebih baik.

“Untuk padi sawah, memang membutuhkan alat-alat mekanis. Nanti, Pak Kadis tolong dimasukkan dalam Program RPJMD. Sekaligus kumpulkan PPL yang ada di Sangatta Utara dan Selatan. Untuk mengetahui potensi apa saja di tempat seorang PPL ditugaskan. Karena PPL tidak hanya soal pertanian, tapi juga perkebunan dan peternakan. Mari kita kembangkan potensi pangan di Kecamtan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan dengan sebaik mungkin,” kata Kasmidi. (advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*1/*3/*4)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *